Kalahkan Korsel, Arab Saudi Juara Piala Asia U-19

Kalahkan Korsel, Arab Saudi Juara Piala Asia U-19
Sumber :
  • ANTARA Foto

VIVA - Timnas Arab Saudi U-19 berhasil mengalahkan Korea Selatan pada final Piala Asia U-19 di Stadion Pakansari, Minggu 4 November 2018. Arab Saudi mengunci kemenangan dengan skor tipis, yakni 2-1 atas Korsel.

15 Tim Kantongi Tiket ke Piala Dunia 2022, Siapa Saja?

Arab langsung tampil menekan pada awal-awal babak pertama. Hasilnya, mereka mampu unggul ketika laga baru berjalan dua menit melalui gol dari Turki Al-Ammar.

Tertinggal 0-1 membuat Korsel coba bangkit dan melakukan serangan demi mendapat gol penyeimbang. Namun beberapa kans yang didapat Korsel U-19 untuk menyamakan kedudukan masih urung terjadi.

Hasil Lengkap: Korsel Lolos ke Piala Dunia, Arema FC Aman di Puncak

Pada menit 15, Arab hampir saja menambah keunggulan mereka aksi dari Mohammed Al Shanqiti. Namun tembakannya Al Shanqiti dari luar kotak penalti Korsel, masih mampu diamankan Lee Gwang-Yeon.

Arab malah berhasil menambah keunggulan pada menit 22, kali ini giliran Khalid Al Ghannam yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Tembakan melengkungnya dari luar kotak penalti meluncur deras ke dalam gawang Korsel.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Makin Menegangkan

Hingga 45 menit pertama usai, tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Di babak kedua, Korsel langsung tancap gas guna memperkecil kedudukan.

Mereka hampir saja memperkecil kedudukan melalui sundulan dari Kim Hyun-Woo, namun sundulannya gagal tepat sasaran. Pada menit 57, Arab Saudi U-19 nyaris menambah keunggulan lewat Turki Al-Ammar.

Tetapi, tembakan kaki kanannya masih harus membentur tiang gawang Korsel. Korsel akhirnya mampu memperkecil kedudukan jadi 1-2 dari Arab tepatnya pada menit ke-64.

Cho Young-Wook berhasil menyarangkan bola ke dalam gawang Arab melalui eksekusi penaltinya. Skor 2-1 untuk keunggulan Arab akhirnya bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan ini, Arab berhak keluar sebagai juara Piala Asia U-19 2018. Ini jadi ketiga kalinya bagi Arab keluar sebagai juara, setelah sebelumnya menjadi kampiun pada edisi 1986 dan 1992.

Susunan Pemain
Korea Selatan U-19
: Lee Gwang-Yeon; Hwang Tae-Hyeon, Lee Jae-Ik, Kim Hyun-Woo; Lee Kyu-hyuk, Park Tae-Joon, Ko Jae-Hyun, Goo Boon-Cheul; Jeon Se-jin, Eom Won-Sang; Cho Young-Wook.

Arab Saudi U-19: Abdul Al Shammari; Muhannad Shanqeeti, Hassan Mohammed Al Tambakti, Naif Almas, Mohammed Al Shanqiti; Mansor Al Beshe, Hamed Al Ghamdi; Faraj Al Ghashayan, Turki Al-Ammar, Khalid Al Ghannam; Abdulmohsen Qahtani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya