Lobi Eriksson Bantu Filipina Panggil Pemain Eropa untuk Piala AFF

Pelatih Timnas Filipina, Sven-Goran Eriksson
Sumber :
  • Twitter/@FIFAcom

VIVA – Kehadiran Sven-Goran Eriksson di kursi kepelatihan Filipina berdampak begitu besar. Lewat lobi Eriksson, Filipina berpotensi untuk mendapatkan suntikan tenaga dari para pemainnya yang merumput di Eropa untuk Piala AFF 2018 nanti.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Filipina memanggil 29 pemain untuk pemusatan latihan (TC) yang berlangsung sejak Minggu 4 November 2018. Dari 29 nama, beberapa di antaranya merupakan bintang yang merumput di Eropa.

Sebut saja John-Patrick Strauss (Erzebirge Aue, Jerman), Daisuke Sato (Sepse OSK, Rumania), dan Neil Etheridge (Cardiff City, Premier League).

Alasan Pelatih Timnas Australia Mau Ikut Piala AFF

Dari tiga nama itu, baru Strauss dan Sato yang dipastikan merapat. Keduanya sudah mendapatkan restu dari klub masing-masing untuk membela The Azkals di Piala AFF 2018.

Sementara itu, status Etheridge sampai sekarang belum diketahui. Namun, manajer Filipina, Dan Palami, yakin Etheridge akan dilepas Cardiff.

Shin Tae-yong Tolak Gagasan Timnas Australia Main di Piala AFF

Namun, Palami sadar Etheridge kemungkinan tak dilepas untuk membela Filipina di sepanjang Piala AFF. Hanya saat FIFA Matchday, menurut Palami, Etheridge akan dilepas.

"Kami bersyukur pemain yang merumput di Eropa bisa diizinkan tampil pada Piala AFF. Contohnya Strauss dan Sato yang bisa membela kami di sepanjang Piala AFF," terang Palami dilansir Fox Sports Asia.

"(Soal Etheridge) Pastinya saat jeda internasional antara 12 hingga 20 November 2018, para pemain Eropa itu akan bersama kami," lanjutnya.

Palami menuturkan Eriksson sebagai sosok utama dalam suksesnya pemanggilan mereka. Lewat hubungan kuat antara Eriksson dengan beberapa klub di Eropa, Filipina bisa mendapatkan jasa pemainnya di Piala AFF.

"Kesuksesan kami ada dua kunci, hubungan yang baik dengan klub dan sosok Sven," kata Palami. (one)

Lihat bagaimana peluang Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 mendatang pada JELANG LAGA di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya