Kata Rooney Setelah Jalani Laga Terakhir Bersama Timnas Inggris

Wayne Rooney dalam laga terakhir bersama Timnas Inggris melawan Amerika Serikat
Sumber :
  • Twitter/@England

VIVA – Laga uji coba kontra Amerika Serikat, yang digelar di Wembley, 16 November 2018, jadi yang terakhir bagi Wayne Rooney membela Timnas Inggris. Ya, penyerang berusia 33 tahun ini memainkan laga terakhirnya, setelah 15 tahun jadi andalan armada The Three Lions.

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Dalam laga tersebut, Inggris berhasil memetik kemenangan telak 3-0 atas Amerika Serikat. Tiga gol pasukan Gareth Southgate dicetak masing-masing oleh Jesse Lingard (25), Trent Alexander-Arnold (27), serta Callum Wilson (77). 

Sayang, mantan striker Manchester United ini gagal mencetak gol dalam laga tersebut. Meski demikian, Rooney tetap merasa bahagia bisa kembali mengenakan seragam putih-putih kebanggaan dan bermain lagi di Wembley.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Rooney mengaku menyesal tak bisa mencetak gol dalam laga ini. 

Tetapi, menurutnya, andai ia bisa mencetak gol dalam laga itu, maka gol akan timbul perdebatan apakah gol tersebut dihitung sebagai golnya untuk Inggris. Sebab, Rooney sebelumnya sudah menyatakan pensiun pada November 2016 silam.

Mimpi Buruk Manchester United, Pemain Ini Cedera saat Perkuat Timnas Inggris

"Malam itu seperti yang saya bayangkan. Malam yang akan saya ingat selamanya. Sayangnya, saya tidak bisa mencetak gol. Tapi jika saya berhasil mencetak gol, saya akan membuka perdebatan baru. Apakah itu harus dihitung (sementara Rooney sudah pensiun). Jadi, lebih baik saya tidak melakukannya, (mencetak gol)," ujar Rooney dikutip Daily Mail.

Rooney memulai kiprahnya di Timnas Inggris pada 2003. Rooney merupakan pemain termuda yang melakoni debut untuk Inggris. Laga perdana Rooney bersama Inggris, adalah dalam laga kontra Australia, Februari 2003.

Saat itu, usia Rooney baru 17 tahun 111 hari. Kemudian, pada September di tahun yang sama, Rooney kembali mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol untuk Inggris dalam laga kontra Macedonia.

Selama 15 tahun membela Inggris, Rooney sudah tampil dalam 120 pertandingan internasional. Jumlah caps Rooney jadi yang kedua terbanyak setelah kiper legendaris, Peter Shilton, yang membukukan 125 caps.

Selain itu, Rooney juga memegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Timnas Inggris, dengan catatan 53 gol. Jumlah ini terpaut empat gol dari legenda Inggris lainnya, Sir Bobby Charlton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya