Noda di Balik Dominasi Inggris di Liga Champions

Ilustrasi Para pemain Manchester City saat merayakan kemenangan.
Sumber :
  • Twitter/@premierleague

VIVA – 16 tim sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Dan Inggris mendominasi dengan mengirim wakil terbanyak di fase ini.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Dilansir laman resmi UEFA, Inggris menyumbang 4 wakilnya ke babak 16 besar. Yaitu: Manchester City, Manchester United, Liverpool dan Tottenham Hotspur.

Di posisi kedua, ditempati Spanyol yang hanya mengirim tiga dari empat wakilnya yang berlaga musim ini: Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid. 

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Sedangkan satu wakil Spanyol lainnya, Valencia harus rela terlempar ke Liga Europa setelah hanya meraih posisi tiga klasemen akhir Grup H.

Selain Spanyol, Jerman juga sama-sama hanya mengirim tiga wakilnya. Bayern Munich, Borussia Dortmund dan Schalke 04. Sementara 1899 Hoffenheim tersingkir.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Dan 4 tim lainnya adalah Juventus, AS Roma (Italia), Paris Saint Germain, AS Monaco (2), Ajax Amsterdam (Belanda) dan FC Porto (Portugal).

Noda di Balik Sukses 4 Wakil Inggris

Secara jumlah, Inggris boleh saja mendominasi. Namun, raihan ini memiliki noda. Sebab, hanya satu dari 4 tim yang lolos dengan status juara grup.

Dari empat wakil Inggris yang lolos ke babak 16 besar, status juara grup hanya disandang oleh jawara Premier League musim lalu, Manchester City. 

Sementara Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Manchester United, mengakhiri kiprah di fase grup dengan status sebagai runner up.

Liverpool melaju ke babak 16 besar setelah hanya menjadi runnerup Grup C dengan 9 poin. The Reds kalah dari PSG yang memuncaki klasemen dengan 11 poin.

Pemain Tottenham Hotspur rayakan gol Juan Foyth.

Sedangkan Spurs juga harus puas hanya menjadi runnerup Grup B dengan 8 poin. Kalah jauh dari Barcelona yang kokoh di puncak klasemen dengan 14 poin.

Nasib yang sama juga dialami MU yang harus puas meraih tiket babak 16 besar dengan status runnerup setelah hanya mengkoleksi 10 poin di Grup H.

MU tertinggal dua poin dari Juventus yang berhak melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup usai meraih 12 poin dari enam pertandingan. 

Meski demikian, hasil ini tidak terlalu dirisaukan oleh manajer MU, Jose Mourinho. "Kami telah menjalani tugas di grup yang sulit," kata Mou.

"Kami sadar kami tidak terlalu bagus di fase grup. Tapi kami berhasil meraih poin yang cukup untuk bisa lolos ke babak 16 besar," lanjutnya.

Manajer Manchester United, Jose Mourinho (tengah).

Prediksi Hasil Undian Babak 16 Besar

Dengan kondisi ini, artinya hanya ManCity yang melewati jalur aman di babak 16 besar. Sebab mereka hanya akan melawan tim-tim, yang di atas kertas, kualitasnya di bawah mereka.

Hanya AS Roma dan Atletico Madrid, dua tim kuat yang berpotensi menjadi lawan ManCity. Sisanya, Schalke 04 dan Ajax Amsterdam, jauh kualitasnya di bawah ManCity.

Situasi berbeda dihadapi Liverpool, Spurs dan MU. Dengan status runner up yang disandang, ketiganya berpotensi menghadapi lawan tangguh di babak 16 besar.

ManCity tak mungkin mereka hadapi. Sebab berasal dari negara yang sama. Begitupula dengan lawan-lawan yang sudah mereka hadapi di fase grup.

Para pemain Liverpool merayakan gol

Untuk Liverpool, lawan yang berpotensi dihadapi adalah Borussia Dortmund, Barcelona, Porto, Bayern Munich, Real Madrid atau Juventus.

Sedangkan, Spurs berpeluang menghadapi Borussia Dortmund, Paris Saint Germain (PSG), FC Porto, Bayern Munich, Real Madrid atau Juventus. 

Sementara Manchester United bisa saja berjumpa Borussia Dortmund, Barcelona, FC Porto, Bayern Munich, Real Madrid, atau Paris Saint Germain (PSG).

Seperti diketahui, dalam aturan UEFA, disebutkan bahwa saat pengundian babak 16 besar, akan dibagi menjadi dua bagian (juara grup dan runnerup).

Setiap juara grup akan dipertemukan dengan para runnerup. Namun dengan syarat, bukan senegara dan bukan berasal dari grup yang sama. 

Trofi Liga Champions

Undian babak 16 besar kompetisi paling bergengsi di benua biru ini sendiri baru  akan digelar pada 17 Desember 2018 mendatang.

Leg pertama babak 16 besar dijadwalkan akan berlangsung 12, 13, 19 dan 20 Februari 2019. Sementara leg kedua digelar 5, 6, 12 dan 13 Maret 2018. 

Meski berada di atas angin, manajer ManCity, Pep Guardiola enggan jemawa. Sebab Liga Champions merupakan kompetisi yang sangat sulit

"Pentas Liga Champions sangat banyak menuntut. Kami akan mencoba berada dalam kondisi terbaik pada Februari 2019 nanti," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya