Kalahkan MU, Madrid Jadi Klub dengan Pendapatan Terbanyak

Para pemain Real Madrid.
Sumber :
  • twitter.com/realmadriden

VIVA – Real Madrid berhasil berada di posisi teratas daftar klub berpendapatan terbesar di dunia. Dalam rilis Deloitte Football Money League untuk musim 2017/18, Real Madrid mampu menggeser Manchester United yang musim lalu menempati posisi puncak.

Mikel Arteta Berharap Lebih dari Kapten Arsenal

Berdasarkan Deloitte Football Money League, sepanjang musim 2017/18, El Real mampu mendulang pendapatan sebesar 665 juta poundsterling. Pendapatan terbesar Madrid lahir dari sektor komersial yang mencapai 310 juta poundsterling.

Sementara itu, rival Madrid di LaLiga, Barcelona, menempati urutan kedua dengan total pendapatan di musim lalu mencapai 612 juta poundsterling. Disusul MU, yang turun ke peringkat ketiga dengan pendapatan di musim 2017/18 sebesar 590 juta poundsterling.

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan

Di peringkat keempat, ada raksasa Bundesliga, Bayern Munich, yang mampu meraup pendapatan 557 juta poundsterling sepanjang musim 2017/18. Di tempat kelima, ada juara Premier League musim lalu, Manchester City, yang berhasil mengumpulkan pemasukan sebesar 504 juta poundsterling.

Secara keseluruhan, klub-klub Premier League memang masih dominan di 20 besar karena ada 9 tim asal Inggris yang bertengger di sana. Namun, hal tersebut menurun dibandingkan periode sebelumnya.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Meski menurun jumlah tim di peringkat 20 besar, jumlah wakil Inggris di 10 besar kali ini justru meningkat. Selain duo Manchester, ada Liverpool, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Hasil minor ditorehkan oleh klub-klub Serie A, pasalnya tak ada satu pun tim asal Italia yang duduk di 10 besar. Hal ini lantaran, raksasa Serie A, Juventus, mengalami penurunan pendapatan.

Di musim 2017/18, Si Nyonya Tua hanya mampu mendulang pemasukan sebesar 350 juta poundsterling. Padahal, di musim sebelumnya, Juventus mampu menghasilkan pendapatan senilai 392 juta poundsterling.

Berikut 20 klub sepakbola dengan penghasilan tertinggi pada musim 2017/18, berdasarkan laporan dari Deloitte Football Money League:

(Foto: Sky Sports)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya