Penjelasan Kontroversi Gol Ajax ke Gawang Real Madrid yang Dianulir

Ajax Amsterdam Vs Real Madrid
Sumber :
  • https://twitter.com/AFCAjax

VIVA – Sebuah kontroversi yang disebabkan video assistant referee muncul di laga Ajax Amsterdam versus Real Madrid, Rabu 13 Februari 2019 atau Kamis dini hari WIB. Dalam duel ini, VAR berperan dalam menganulir gol yang dicetak pemain Ajax, Nicola Tagliafico.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Gol terjadi di menit 38. Ketika itu, Tagliafico menjebol gawang Thibaut Courtois lewat tandukannya.

Dalam tayangan ulang, posisi Tagliafico onside. Namun, lewat pengamatan VAR, gol tersebut dianulir karena alasan offside.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Sontak hal ini membuat publik Amsterdam Arena bertanya-tanya. Mengapa gol Tagliafico dianulir?

Penjelasannya mudah. Saat Tagliafico cetak gol, ada satu pemain Ajax yang berada dalam posisi offside. Dia adalah Dusan Tadic.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Memang, tak ada interaksi langsung antara Tadic dengan bola. Tadic tak menyentuh bola tandukan Tagliafico.

Namun, menurut rule of the game FIFA, Tadic berperan besar dalam proses gol Tagliafico. Berdiri dalam posisi offside, Tadic berupaya aktif dalam mengganggu pergerakan kiper.

Aturan menyebutkan, pemain bisa disebut offside tanpa menyentuh bola jika dia menghalangi lawan untuk terlibat dalam permainan, atau sedang bermain.

"Wasit mengidentifikasi Tadic yang terjebak dalam posisi offside. Dia terbukti pula mengganggu pergerakan kiper, menghalanginya bermain atau mengamankan bola, ketika tandukan dilakukan," begitu pernyataan resmi UEFA di akun twitter resminya.

Pendapat berbeda diungkapkan oleh mantan wasit papan atas Spanyol, Andujar Oliver. Menurut pengamatannya, Tadic tak terlibat aktif dalam proses terjadinya gol. Oliver tak menilai Tadic berupaya aktif menghalangi pergerakan Courtois.

"Makin saya lihat tayangannya, justru penilaiannya itu gol sah. Tadic tak berupaya untuk menghalangi Courtois. Tak ada kontribusi darinya atas gol tersebut," terang Oliver dilansir Radio Marca. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya