Gasak Shan United, Persija Raih Kemenangan Perdana di Piala AFC

Pemain Persija Jakarta merayakan kemenangan.
Sumber :
  • Twitter/@Persija_Jkt

VIVA – Poin penuh berhasil dipetik Persija Jakarta saat menghadapi klub papan atas Myanmar, Shan United, di Thuwunna Stadium, Yangoon, dalam matchday 2 Grup G Piala AFC 2019, Selasa 12 Maret 2019 WIB. Sempat tertinggal lebih dulu, armada Macan Kemayoran mampu bangkit dan menang 3-1 atas tuan rumah.

Piala AFC: Penakluk Bali United Ngamuk, 2 Klub Australia Tembus Final Zona ASEAN

Dalam laga ini, Persija masih belum diperkuat striker andalannya, Marko Simic. Selain itu, pelatih Persija, Ivan Venkov Kolev, tak bisa menurunkan beberapa pemain utama yakni Andritany Ardhiyasa, Ryuji Utomo, dan Novri Setiawan. Ketiga pemain tersebut tengah memenuhi panggilan Simon McMenemy untuk mengikuti sesi pemusatan latihan Timnas Indonesia senior.

Berstatus tim tamu, Persija justru mampu menggebrak pertahanan Shan United lebih dulu. Dua peluang tercipta di awal laga lewat Dany Saputra di menit 7, dan Heri Susanto menit 8. Sepakan Dany masih berhasil dipatahkan kiper Shan United, Myo Min Latt. Sedangkan bola sundulan Heri memanfaatkan umpan Steven Paulle, masih melambung.

Drawing 16 Besar Liga Champions Asia: Cristiano Ronaldo Cs Tantang Sesama Klub Arab Saudi

Alih-alih mencuri gol lebih dulu, gawang Persija justru kebobolan di menit 14. Berawal dari skema serangan balik cepat yang dibangun Shan United, Zin Min Tun mampu melepaskan tembakan di sisi kanan pertahanan Persija.

Bola sebenarnya bisa dihalau Paulle. Akan tetapi, halauan defender asal Prancis ini tak sempurna. Bola liar kemudian langsung disambar gelandang Shan United asal Jepang, Reo Nakamura, tanpa bisa dihalau Shahar.

Tersengat dengan gol Nakamura, Persija coba merespons. Menit 26, Bruno Matos berhasil menerobos pertahanan Shan United dan melepaskan tembakan jarak dekat. Sayangnya, bola sepakan gelandang serang asal Brasil ini masih bersarang di sisi gawang.

Tepatnya di menit 42, Bruno kembali membuang peluang emas. Bola sepakan Bruno kali ini masih membentur mistar gawang.

PSM Makassar dan Bali United Gagal, Ini Daftar Peserta Semifinal Zona ASEAN Piala AFC

Hingga pertandingan babak pertama usai, Persija sementara tertinggal 0-1 dari Shan United.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Persija mendapat peluang emas saat wasit memberikan hadiah tendangan bebas di kotak penalti, menit 52. Berawal dari kesalahan Min Latt yang menangkap bola hasil backpass rekannya. Akan tetapi, peluang ini belum bisa dimaksimalkan lantaran tendangan Bruno masih membentur pagar hidup Shan United.

10 menit berselang, giliran Silvio Escobar mendapat peluang. Bomber asal Paraguay ini mampu menanduk bola hasil umpan sepak pojok Riko Simanjuntak. Akan tetapi, bola sundulan eks penyerang Perseru Serui ini masih belum menemui sasaran.

Gol yang ditunggu Persija akhirnya lahir di menit 66. Berawal dari umpan yang dilepaskan Heri dan diterima dengan baik oleh Bruno. Bruno kemudian mampu menaklukkan Min Latt usai situasi satu lawan satu dengan sang kiper lawan. Kedudukan imbang 1-1.

Persija nyaris berbalik unggul di menit 75. Menerima umpan lambung dari belakang, Heri yang berdiri di mulut gawang menembakkan bola dari jarak dekat. Akan tetapi, bola sepakan Heri masih mampu diblok Min Lattt.

Menit 77, Persija berbalik unggul. Memanfaatkan umpan sepak pojok Ismed Sofyan, Paulle yang berdiri tepat di depan gawang berhasil mencocor bola dengan keras. Min Latt gagal menghentikan laju bola sepakan Paulle, Shan United tertinggal.

Persija berhasil melebarkan jarak setelah Bruno mencetak gol keduanya di menit 83. Kali ini, Bruno yang berdiri bebas tanpa pengawalan berhasil menuntaskan umpan terobosan Rohit Chand. Sepakan placing Bruno membuat Min Latt harus memungut bola untuk ketiga kalinya dari dalam gawangnya sendiri.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, Persija berhasil mengunci kemenangan 3-1 atas Shan United. Kemenangan ini jadi yang perdana dipetik Persija di ajang Piala AFC 2019, setelah hasil imbang di laga perdana kontra Becamex Binh Duong. Kemenangan juga mengantar Persija menduduki puncak klasemen sementara Grup G Piala AFC 2019 dengan poin 4.

Susunan Pemain
Shan United:
Myo Min Latt (gk); Htike Htike Aung, David Htan, Ye Min Thu, Hein Thiha Zaw, Yan Naing Oo, Reo Nakamura, Set Phyo Wai (Suan Lam Mang'73), Zin Min Tun, Maycon Rogerio, Hedipo Gustavo (Dway Ko Ko Chit'65).

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar (gk); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Steven Paulle, Dany Saputra, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (Sandi Sute'63), Bruno Matos, Riko Simanjuntak, Heri Susanto (Fitra Ridwan'88), Silvio Escobar (Bambang Pamungkas'90).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya