Ivan Kolev Beberkan Kunci Kebangkitan Persija

Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev (kanan)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Persija Jakarta berhasil memetik kemenangan saat berhadapan dengan Shan United dalam matchday 2 Grup G Piala AFC 2019 di Thuwunna Stadium, Selasa 12 Maret 2019 WIB. Pasukan Ivan Kolev yang sempat tertinggal, akhirnya menang 3-1.

Piala AFC: Penakluk Bali United Ngamuk, 2 Klub Australia Tembus Final Zona ASEAN

Tampil dominan di babak pertama, bukan berarti mudah buat Persija mencetak gol ke gawang Shan United. Persija bahkan harus kebobolan lebih dulu di menit 14, lewat aksi gelandang Shan United asal Jepang, Reo Nakamura.

Ambisi meraih kemenangan perdana, ternyata memotivasi Persija untuk terus menggempur pertahanan Shan United. Hasilnya, Bruno Matos mampu memecah kebuntuan di menit 66. Persija bahkan berbalik unggul setelah gol debut dicetak oleh defender anyar, Steven Paulle. Bruno akhirnya memastikan kemenangan Persija usai mencetak gol kedua dalam laga ini di menit 83.

Drawing 16 Besar Liga Champions Asia: Cristiano Ronaldo Cs Tantang Sesama Klub Arab Saudi

Usai pertandingan, Kolev mengakui bahwa mental para pemain Shan United terbilang baik. Karena itulah Persija sempat mengalami kebuntuan. Akan tetapi, pelatih berpaspor Bulgaria ini menegaskan bahwa dalam pertandingan ini Persija jauh lebih baik daripada Shan United.

Selain itu, Kolev juga mengungkap bahwa kunci kemenangan dalam laga ini adalah pressing di lini tengah, dan kombinasi sistem serangan. Khusus untuk tekanan di lini sentral, Kolev berhasil membenahi masalah itu di babak kedua. Menurutnya, pasukannya sempat banyak membuat kesalahan di lini tengah.

PSM Makassar dan Bali United Gagal, Ini Daftar Peserta Semifinal Zona ASEAN Piala AFC

"Persija bermain sangat agresif, terutama di babak kedua, saya kira luar biasa. Kami coba menekan dari lini tengah, di mana kami menggunakan banyak kombinasi serangan di sini. Karena di babak pertama, area itu kami banyak melakukan kesalahan. Setelah kami benahi itu, akhirnya kami mudah untuk mencetak tiga gol," ujar Kolev dalam rilis yang diterima VIVA, Selasa, 12 Maret 2019.

"Saya tidak memberikan pesan karena Shan United bermain baik, tapi hari ini kami bermain lebih kuat dari mereka. Saya tahu mental mereka bagus dan pressing mereka membuat kami sulit. Kami coba lawan itu untuk terus menekan alhasil kami bisa mencetak gol," katanya.

Soal peluang lolos ke babak semifinal zona ASEAN, Kolev tak mau terburu-buru. Menurutnya, Persija masih harus terus fokus sampai laga terakhir fase grup. Sebab menurutnya, semua klub yang berada di Grup G punya peluang yang sama untuk lolos.

"Saya pikir di Grup ini ketat karena semuanya berpeluang dan sama beratnya. Intinya kami harus kerja keras untuk lolos," ucap Kolev.

Selanjutnya, Persija akan kembali berlaga di ajang Piala AFC 2019 melawan wakil Filipina, Ceres Negros. Ismed Sofyan cs akan kembali melakoni laga tandang di Panaad Stadium, Bacolod, dalam matchday 3 Grup G, Rabu 3 April 2019 WIB. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya