9 Fakta Baru Usai Barca Bantai MU, Kutukan Messi Terhenti

Pertandingan perempatfinal Liga Champions antara Barcelona vs Manchester United
Sumber :
  • Instagram/@manchesterunited

VIVA – Barcelona melaju ke semifinal Liga Champions usai berhasil menyingkirkan wakil Inggris, Manchester United. Armada Los Azulgranas mendepak MU dengan agregat skor 4-0 dan berhasil menggenggam satu tiket babak empat besar.

Prediksi Liga Champions: Bayern Munich vs Arsenal

Dalam laga semifinal leg 2 yang digelar di Camp Nou, pasukan Ernesto Valverde memetik kemenangan telak 3-0, Rabu 17 April 2019 dini hari WIB. Dua gol Lionel Messi dan satu sumbangan Philippe Coutinho, memastikan kemenangan Barcelona atas MU. Agregat skor menjadi 4-0 setelah di laga leg 1 Barcelona juga menang 1-0.

Lewat data yang dirangkum dari Opta dan BBC, ada beberapa fakta menarik usai kemenangan telak Barcelona atas MU. Yang pertama, kemenangan Barcelona atas MU memperpanjang rekor positif pertemuan wakil Spanyol atas tim-tim dari Inggris. Dalam 24 pertemuan wakil Spanyol melawan wakil Inggris, tercatat hanya Leicester City yang berhasil mengalahkan Sevilla pada 2017 lalu.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Barcelona vs PSG di Liga Champions

Sementara itu, MU membuat beberapa catatan buruk usai kekalahan ini. MU menelan empat kekalahan tandang secara beruntun di semua kompetisi. Selain itu, MU juga menambah catatan negatif kekalahan agregat terbesar di kompetisi level Eropa.

Selain beberapa fakta tadi, masih banyak fakta menarik lainnya pasca kemenangan besar Barcelona atas MU. Berikut sejumlah fakta menarik yang dirangkum VIVA.

Prediksi Liga Champions: Manchester City vs Real Madrid

9 Fakta Usai Kemenangan Telak Barcelona Atas MU:

1. Barcelona kembali lolos ke semifinal setelah terakhir kali pada musim 2014/2015, di bawah komando Luis Enrique. Saat itu Barcelona berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Juventus di laga final.

2. Sudah tujuh kali MU tersingkir di babak perempatfinal Liga Champions. MU merupakan tim yang paling banyak tersingkir di perempatfinal dibanding tim-tim lainnya.

3. Lionel Messi akhirnya berhasil mencetak gol di perempatfinal, setelah terakhir kali mencetak gol ke gawang Paris Saint-Germain (PSG) pada April 2013. Dua gol Messi ke gawang David De Gea mengakhiri kutukan 12 pertandingan dan 50 tembakan tanpa gol.

4. Kekalahan atas Barcelona adalah yang terbesar secara agregat buat MU di kompetisi tingkat Eropa. Sebelumnya MU pernah kalah 2-5 dari AC Milan di semifinal Piala Champions (format dahulu) musim 1957/1958, dan 1-4 dari Atletico Madrid di babak 16 besar Piala Winners musim 1991/1992.

5. MU menelan empat kekalahan tandang untuk pertama kalinya di semua kompetisi untuk pertama kalinya sejak 1999. Manajer MU saat ini, Ole Gunnar Solskjaer, merasakan empat kekalahan tandang beruntun pada 1999 itu.

6. Lionel Messi berhasil mencetak 45 gol di semua kompetisi musim ini. Messi jadi pemain terbanyak mencetak gol, unggul 10 gol dari pemain lainnya di lima liga papan atas Eropa.

7. MU sudah menelan lima kekalahan di ajang Liga Champions dalam satu musim. MU kalah dari Juventus, Valencia, PSG, dan Barcelona (dua kali). Catatan buruk ini sama dengan pada musim 1996/1997.

8. Tim-tim Spanyol memperbesar rekor kemenangan atas tim Inggris di Liga Champions. Dalam 24 pertandingan, wakil Spanyol menang 16 kali, tujuh kali seri, dan hanya satu kali menelan kekalahan ini. Satu-satunya kemenangan wakil Inggris atas wakil Spanyol adalah pada saat Leicester City mengalahkan Sevilla pada Maret 2017.

9. Lionel Messi jadi pencetak gol terbanyak ke gawang tim Inggris. Hingga saat ini Messi sudah mencetak 24 gol. (sat)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya