10 Fakta Menarik Jelang Laga Liverpool Kontra FC Porto

Para pemain Liverpool merayakan gol Roberto Firmino ke gawang FC Porto
Sumber :
  • Instagram/@liverpoolfc

VIVA – Peluang lebih besar memang dimiliki Liverpool setelah berhasil memenangkan pertemuan pertama dengan FC Porto. Meski demikian, pasukan Juergen Klopp itu masih harus melewati pertemuan kedua melawan wakil Portugal tersebut. Liverpool akan melawat ke Estadio do Dragao, markas Porto, dalam laga leg 2 babak 8 besar Liga Champions 2018/2019, Kamis 18 April 2019 dini hari WIB.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Di atas kertas, Liverpool lebih diunggulkan atas Porto. Unggul agregat 2-0 setelah menang di pertemuan pertama, The Anfield Gang juga punya materi pemain yang kualitasnya jelas di atas lawannya. Tak cuma itu, ada beberapa fakta yang dirangkum VIVA dari Opta dan BBC, yang membuktikan bahwa Liverpool lebih unggul dari Porto.

Ya, Liverpool tak pernah kalah sekalipun dari raksasa Primeira Liga itu saat saling jegal di Liga Champions. Tak cuma itu, Liverpool juga punya catatan rekor tandang yang cukup apik di Liga Champions. Terakhir kali Liverpool menelan kekalahan di laga tandang adalah saat dipukul AS Roma 4-2 di Stadio Olimpico, dalam laga babak semifinal Liga Champions musim lalu.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Meski demikian, Liverpool harus tetap waspada. Sebab, ternyata, Porto juga punya rekor yang apik saat bermain di kandang. Pasukan Sergio Conceicao itu tak pernah kalah di kandang musim ini. Porto juga punya sosok bomber, Moussa Marega, yang menjadi salah satu pencetak gol kandang terbanyak di Liga Champions musim ini.

Selain beberapa fakta tersebut, masih ada beberapa catatan menarik yang layak untuk disimak dan diketahui jelang pertandingan Porto melawan Liverpool. 

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

10 Fakta Menarik Jelang Laga Liverpool Kontra FC Porto:

1. Dua dari tiga tim yang kalah di leg 1 dengan dua gol atau lebih di babak 16 besar Liga Champions musim ini, berhasil membalikkan keadaan di leg 2. Dua tim tersebut yakni Manchester United yang sukses mendepak Paris Saint-Germain (PSG), serta Juventus yang menyingkirkan Atletico Madrid.

2. Liverpool tak pernah kalah dari Porto di tujuh pertemuan sebelumnya. Armada Merseyside Merah itu berhasil memetik tujuh kemenangan dan tiga hasil imbang.

3. Liverpool berhasil membuat clean sheet secara beruntun dalam tiga pertemuan terakhir.

4. Liverpool jadi tim yang memberikan kekalahan terbesar sepanjang sejarah Porto di level Eropa. Liverpool berhasil mengalahkan Porto di Estadio do Dragao dengan skor telak 5-0 di Liga Champions musim lalu.

5. Porto jadi satu-satunya tim di Liga Champions musim ini yang berhasil menyapu bersih pertandingan kandang dengan kemenangan. 

6. Striker Porto, Moussa Marega, adalah pemain dengan gol terbanyak keempat saat bermain di kandang. 

7. Sejak musim lalu, Liverpool berhasil memenangkan tiga dari empat pertandingan tandang Liga Champions. Liverpool hanya kalah dari AS Roma di semifinal musim lalu.

8. Liverpool berhasil memenangkan sembilan pertandingan dua leg level Eropa di bawah komando Juergen Klopp. Empat di Liga Champions musim 2015/2016, dan satu lagi di musim 2017/2018.

9. Sadio Mane berhasil mencetak hattrick dalam laga kontra Porto di Liga Champions musim lalu. Hanya Luis Adriano (melawan BATE Borisov) dan Cristiano Ronaldo (melawan Atletico Madrid) yang berhasil menecetak lebih dari satu hattrick di Liga Champions.

10. Sejak Liga Champions musim lalu, penyerang Liverpool, Roberto Firmino, berhasil mencetak gol dan assist di lima pertandingan berbeda. Jumlah ini paling banyak dibandingkan pemain lain. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya