Peluang Ajax Samai Gelar Liverpool dan Barcelona di Liga Champions

Pemain Ajax Amsterdam rayakan kemenangan.
Sumber :
  • twitter.com/AFCAjax

VIVA – Kejutan berhasil diciptakan Ajax Amsterdam musim ini. Tak diunggulkan, raksasa Belanda ini sukses menembus semifinal dengan menyingkirkan dua favorit juara, Real Madrid dan Juventus.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Sebenarnya, Ajax bukanlah "anak baru" di Eropa. Mereka bahkan sudah empat kali menjuarai Liga Champions, pada 1971, 1972, 1973, dan 1995.

Dilansir berbagai sumber, terakhir kali Ajax menjadi juara pada 1995. Saat itu, raksasa Belanda ini menekuk AC Milan 1-0 di Ernst Happel Stadion, Vienna, lewat gol tunggal yang dilesakkan Patrick Kluivert.

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

Ajax memang tim yang menakutkan di era tersebut. Mereka diperkuat Edwin van der Sar, Danny Blind, Frank Rijkard, Edgar Davids, hingga Marc Overmars. Ajax ditangani pelatih bertangan dingin, Louis van Gaal.

Sayang, sejak saat itu, Ajax tak lagi berbicara di Eropa. Meski mereka rutin memiliki pemain berbakat, dari mulai Luis Suarez, Thomas Vermaelen, dan Klaas-Jan Huntelaar.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

Kini, Ajax berpeluang menciptakan sejarah. Jika menjadi juara musim ini, mereka akan meraih titel yang kelima di Liga Champions.

Jika itu terjadi, Ajax akan menyamai rekor tiga raksasa Eropa sekaligus, yakni Liverpool, Barcelona, dan Bayern Munich. Tentunya prestasi fenomenal untuk tim yang awalnya tak diunggulkan. (ren)

Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024