Ke Final Liga Europa, Hubungan Diplomatik Jadi Kendala Arsenal

Pemain Arsenal merayakan keberhasilan ke final Liga Europa
Sumber :
  • twitter.com/HenrikhMkh

VIVA – Arsenal menghadapi Chelsea pada final Liga Europa, 29 Mei 2019. Pertandingan dilangsungkan di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Lokasi final ini menyisakan sedikit masalah bagi Arsenal. Karena salah satu pemainnya, Henrikh Mkhitaryan mengalami kendala diplomatik.

Armenia, asal dari Mkhitaryan hingga saat ini tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Azerbaijan. Momen ini sudah pernah dialami Arsenal ketika bertandang ke markas FK Qarabaq, Oktober 2019.

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Ketika itu manajer Arsenal, Unai Emery mengatakan tidak bisa membawa serta Mkhitaryan karena situasi politik. "Dia tidak bisa datang ke sini," tuturnya, dikutip dari BBC.

Ketika bermain untuk Borussia Dortmund pun, Mkhitaryan pernah mengalami kejadian seperti ini. Bermain di Liga Europa pada 2015, dia tidak bisa ikut serta bertanding dengan Gabala.

Prediksi Semifinal Piala FA: Manchester City vs Chelsea

Terkait hubungan diplomatik ini, dikatakan pelatih Qarabaq, Gurban Gurbanov seharusnya tidak jadi masalah. Sebab, beberapa olahragawan dari Armenia ada yang bisa masuk.

Kepentingan olahraga, apalagi berskala internasional pasti ada pengecualian. Dia justru curiga, Arsenal tidak membawa Mkhitaryan ke Azerbaijan karena adanya rasa takut.

"Jika Mkhitaryan datang ke Azerbaijan, itu bukanlah yang pertama karena banyakan olahragawan Armenia yang bisa masuk ke negara ini," kata Gurban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya