'Kepo' Jumlah Hadiah Liga Champions? Ini Dia Jawabannya

Trofi Liga Champions
Sumber :
  • AS

VIVA – Liga Champions 2018/2019 tinggal menyisakan pertandingan final yang rencananya akan digelar di Wanda Metropolitano, Madrid, 2 Juni 2019 mendatang. Dua wakil Inggris Tottenham Hotspur dan Liverpool bakal saling sikut di partai itu. Akan tetapi, tahukah Anda berapa jumlah hadiah yang diterima tim pemenang di ajang ini?

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Liga Champions selain dikenal bergengsi jika dilihat dari sisi prestasi, juga dikenal sebagai ajang tempat dimana klub-klub Eropa mencari keuntungan dari segi bisnis. Memang benar, ada dana yang begitu besar yang akan diterima tim yang mampu tampil maksimal di ajang ini.

Menurut laporan INews.co.uk, UEFA sudah memberikan sejumlah dana semenjak fase grup. Jadi jelas, setiap tim dari semua kompetisi domestik negara-negara Eropa begitu berambisi untuk berlaga di Liga Champions. 

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Yang pertama, UEFA memberikan 15,25 juta Euro, atau senilai dengan Rp247,2 miliar, kepada 32 klub yang berlaga di fase grup. kemudian Jika berhasil meraih kemenangan di fase grup, maka tim tersebut berhak mendapatkan hadiah 2,7 juta Euro (Rp43,8 miliar). Andai meraih hasil imbang di fase grup, tim akan tetap mendapatkan dana sebesar 900 ribu Euro (Rp14,6 miliar).

Kemudian, jika berhasil lolos ke babak 16 besar, setiap tim akan mendapatkan hadiah sebesar 9,5 juta Euro, atau setara dengan Rp154 miliar.  Lantas setiap tim yang lolos ke babak perempatfinal akan mendapatkan hadiah sebesar 10,5 juta Euro, atau setara dengan Rp170,2 miliar.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Hadiah lebih besar lagi akan didapat tim yang lolos ke babak semifinal dan final. Andai berhasil lolos ke babak semifinal setiap tim akan mendapatkan hadiah sebesar 12 juta Euro, atau setara dengan Rp194,5 miliar. Sementara jika lolos ke partai final, setiap tim akan mendapatkan hadiah sebesar 15 juta Euro, atau setara dengan Rp243 miliar.

Fakta lainnya yang ada adalah ternyata hadiah memenangkan laga final Liga Champions tak terlalu besar, hanya sebesar 4 juta Euro atau senilai dengan Rp64,8 miliar. Akan tetapi jika terus berhasil melalui fase grup hingga final, maka tim itu akan mendapat hadiah cukup besar.

Berarti, Tottenham dan Liverpool yang berhasil menembus partai pamungkas setidaknya sudah mendapatkan dana sebesar 62,25 juta Euro, atau senilai dengan Rp1 triliun. Jelas, itu adalah sebuah keuntungan bagi keduanya. Tetapi, itu belum dihitung juga dari kemenangan kedua tim di fase grup, dan hadiah jika memenangkan pertandingan final.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya