Dianggap Terlalu Individualistis, Messi Diceramahi Barack Obama

Kapten Tim Nasional Argentina, Lionel Messi
Sumber :
  • Instagram/@afaseleccion

VIVA – Seluruh dunia jelas tahu bagaimana sepak terjang fenomena sepakbola dunia sekelas Lionel Messi. Sederet gelar prestisius bersama Barcelona dan sejumlah penghargaan atas nama pribadi sudah diraih megabintang berpaspor Argentina ini.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Tapi sayang, Messi belum sekali pun membawa Timnas Argentina juara baik di Copa America atau Piala Dunia.

Jika dibandingkan dengan prestasi yang dicapainya di Barcelona, Messi bisa dibilang tak bisa menularkan itu ke Argentina. Bayangkan saja, bersama Barcelona ia mampu meraih 10 gelar LaLiga, enam gelar Copa del Rey, tujuh gelar Piala Super Eropa (Supercopa de Espana), empat gelar Liga Champions, tiga gelar Piala Super Spanyol, dan tiga gelar Piala Dunia klub.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Tapi coba lihat bagaimana prestasinya bersama Argentina. Tercatat Messi hanya mampu membawa Argentina meraih medali emas Olimpiade 2008 Beijing. Itu pun, Messi tampil bersama Timnas Argentina U-23 dan bukan bersama Timnas Argentina senior.

Hal ini yang membuat mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, menyoroti Messi. Dalam pandangannya, Obama melihat Messi sebagai pemain yang punya talenta luar biasa.

2 Pemain Timnas Indonesia Ini Pernah Hancurkan Skuad Erik Ten Hag

Akan tetapi, Obama justru menganggap Messi terlalu individualistis dan tak bisa bermain secara kolektif sebagai tim bersama rekan-rekannya.

Tak segan, Obama memberikan nasihat kepada Messi bahwa untuk mencapai prestasi tertinggi seseorang harus membina hubungan dan berbaur dengan orang lain.

"Bahkan orang-orang yang kami anggap genius saat bekerja dengan orang lain untuk mengembangkan gaya mereka. Di Argentina, sekalipun Messi adalah sesuatu yang sangat indah, mereka memiliki masalah untuk memenangi Piala Dunia," kata Obama dikutip Sport Bible.

"Saran saya untuk para pemuda adalah, kita harus mengenali banyak orang untuk mencapai banyak hal hebat sendiri," ucapnya.

Membela armada La Albiceleste sejak 2005, Messi total mencetak 65 gol dalam 129 pertandingan internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya