Timnas Aljazair Juara Piala Afrika 2019 Usai Kalahkan Senegal

Timnas Aljazair melawan Senegal di final Piala Afrika 2019
Sumber :
  • twitter.com/caf_online

VIVA – Timnas Aljazair keluar sebagai juara Piala Afrika 2019. Mereka mengalahkan Senegal dengan skor 1-0 pada babak final yang berlangsung di Cairo International Stadium, Mesir, Sabtu 20 Juli 2019 dini hari WIB.

Juara Piala Afrika, Kisah Pantai Gading Mirip Timnas Portugal di EURO 2016

Aljazair berhasil unggul cepat melalui gol Baghdad Bounedjah. Upayanya melepaskan tendangan luar kotak penalti mengenai kaki bek Senegal. Bola melambung tinggi, dan tanpa diduga kiper jatuh masuk ke dalam gawang.

Tertinggal satu gol membuat pemain Senegal terlecut untuk melancarkan serangan. Upaya yang dilakukan Sadio Mane dan kawan-kawan mampu membuat pemain belakang Aljazair bekerja keras.

Bekap Nigeria, Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

Guna menghalau serangan, pemain belakang Aljazair bermain disiplin. Mereka bahkan tak ragu untuk melakukan pelanggaran agar gawangnya aman dari ancaman.

Usai turun minum, Senegal menambah intensitas serangan. Anak asuh Aliou Cisse tidak ingin membiarkan Aljazair keluar dari tekanan sehingga akan menyulitkan mereka sendiri.

Jadwal Final Piala Afrika 2023, Timnas Pantai Gading Ditantang Nigeria

Pada menit 60, wasit meniupkan peluit begitu melihat bola menyentuh tangan pemain Aljazair di dalam kotak penalti. Namun dia diprotes sehingga harus lebih dulu meninjau kejadian lewat video assistant referee (VAR).

Sial bagi Senegal, karena dari pantauan wasit lewat VAR, diputuskan tidak terjadi pelanggaran. Bola mengenai tangan pemain Aljazair yang dalam kondisi tidak aktif.

Ketika pertandingan menyisakan 10 menit lagi, Senegal semakin cepat dalam melancarkan serangan. Sayangnya mereka masih buruk dalam penyelesaian akhir.

Keunggulan Aljazair bertahan hingga pertandingan usai. Ini adalah gelar juara Piala Afrika kedua bagi mereka setelah pertama mendapatkannya pada 1990.

Susunan Pemain:

Senegal: Alfred Gomis; Salif Sane, Cheikhou Kouyate, Youssouf Sabaly, Lamine Gassama, Badou N'Diaye (Krepin Diatta 59'), Idrissa Gueye, Henri Saviet (Mbaye Diagne 75'), M'Baye Niang (Balde Keita 85'), Sadio Mane, Ismaila Sarr.

Aljazair: Rais M'Bolhi; Djamel Belamri, Aissa Mandi, Adlene Guedioura, Ramy Bensebaini, Mehdi Zeffane, Ismael Bennacer, Sofiane Feghouli (Mehdi Jean-Tahrat 85'), Youcef Belaili (Yacine Brahimi 84'), Riyad Mahrez, Baghdad Bounedjah (Islam Slimani 89').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya