Van Dijk: Akankah Bek Raih Ballon d'Or Tahun Ini?

Bek Liverpool Virgil van Dijk (kiri) saat mengawal striker Barcelona Lionel Messi
Sumber :
  • Instagram/@liverpoolfc

VIVA – Bek tengah Liverpool, Virgil van Dijk, merasa yakin bahwa pemain belakang mempunyai potensi untuk merebut gelar Ballon d'Or. Hal tersebut ia ungkapkan setelah ditanyakan peluangnya memenangkan penghargaan tersebut.

Peluang Kylian Mbappe ke Liverpool

Sekadar informasi, sejak diadakan pada 1956, baru tiga pemain bertahan yang mampu memenangkan Ballon d'Or. Franz Beckenbauer memenangkannya dua kali (1972 dan 1976), lalu Matthias Sammer (1996) dan Fabio Cannavaro (2006).

Meski ada fenomena seperti itu, Van Dijk optimistis bisa menjadi bek keempat yang merebut Ballon d'Or. Terlebih, penampilannya pada musim lalu sangat mengesankan ketika bersama Liverpool atau pun Timnas Belanda.

Liverpool Harap-harap Cemas Usai Hajar Newcastle United

"Merupakan suatu kehormatan jika orang berbicara tentang peluang saya soal Ballon d'Or, tapi apa yang bisa saya lakukan? Saya tidak memiliki pengaruh apa pun dalam penentuan penghargaan itu," kata Van Dijk seperti dikutip dari situs resmi Liverpool.

"Tapi, saya tidak dapat menyangkal bahwa memiliki musim yang cukup baik di tahun lalu, jadi satu-satunya yang dapat saya lakukan sekarang hanyalah fokus jelang musim baru. Jadi, saya berusaha tetap bugar, dan semoga bisa meraih musim yang lebih baik dari tahun lalu," ucapnya.

Juergen Klopp Bicara Soal Penghapusan VAR

Memang, Van Dijk mengakui bahwa pemain berposisi striker atau gelandang serang lebih sering merebut Ballon d'Or. Akan tetapi, kata eks bek Southampton itu, di tahun ini siklus tersebut bisa berubah.

"Saya dapat memahami fakta bahwa biasanya penyerang atau pemain nomor 10 yang memenangkan penghargaan ini, karena lebih menarik untuk dilihat. Namun, untuk sekarang, sudah tiba saatnya pemain bertahan punya kesempatan meraihnya tahun ini," ujar bek berusia 28 tahun tersebut. (one)

Manajer Arsenal, Mikel Arteta

Curhat Arteta Usai Arsenal Diamuk Liverpool

Arsenal harus menelan pil pahit kala berhadapan dengan Liverpool dalam putaran ketiga Piala FA.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024