FAKTA: Liverpool Susah Menang Kalau Kejebolan Duluan

Laga babak 16 besar Liga Champions 2019/2020 antara Atletico Madrid vs Liverpool
Sumber :
  • Twitter/@ChampionsLeague

VIVA – Nasib sial dialami juara bertahan, Liverpool, saat berhadapan dengan Atletico Madrid dalam laga leg 1 babak 16 besar Liga Champions 2019/2020. Bertandang ke Wanda Metropolitano, markas Atletico, pasukan Juergen Klopp kalah 0-1, Rabu 19 Februari 2020.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Liverpool harus mengakui kemenangan skuat asuhan Diego Simeone, usai gol cepat Saul Niguez saat pertandingan baru berjalan empat menit.

Liverpool sebenarnya tampil dominan dalam laga ini. Menurut data yang dikutip Uefa.com, The Anfield Gang mendominasi penguasaan bola hingga mencapai 67 persen. Meski demikian, Liverpool kalah dalam hal membuat tembakan ke gawang. Sebab Mohamed Salah cs cuma bisa melepas enam tembakan, sementara Atletico mampu mencatat delapan kali.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Manajer Liverpool, Juergen Klopp

Pasca kekalahan ini, ternyata Liverpool punca statistik tak baik jika kebobolan lebih dulu. Mengutip data Liverpoolfc.com, Liverpool total sudah melakoni 41 pertandingan di ajang Premier League, Piala FA, Piala Liga, Community Shield, Piala Super Eropa, Liga Champions, dan Piala Dunia Klub.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Dari 41 laga, Liverpool kebobolan lebih dulu dalam 10 pertandingan. Di ajang Premier League, Liverpool mampu meraih empat kemenangan atas Newcastle United, Manchester United, Tottenham Hotspur, dan Aston Villa, setelah gawangnya bobol duluan.

Kemudian di Piala Liga Inggris, Liverpool bahkan tak mencetak gol setelah dibantai Villa 0-5 di babak perempatfinal.

Laga babak 16 besar Liga Champions 2019/2020 antara Atletico Madrid vs Liverpool

Di ajang Community Shield, gawang Alisson Becker juga koyak lebih dulu usai gol Raheem Sterling pada menit 12. Liverpool baru bisa membalas lewat Joel Matip pada menit 77. Kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga laga usai. Dan setelah melewati 2x15 menit waktu tambahan, Liverpool akhirnya menang penalti 5-4.

Saat berlaga di Piala Super Eropa melawan Chelsea, Liverpool juga kebobolan duluan. Adalah Olivier Giroud yang mengoyak gawang armada Merseyside Merah yang saat itu dikawal oleh Adrian San Miguel di menit 36. 

Laga di waktu normal berakhir 2-2. Chelsea sempat mencetak gol lagi lewat aksi Jorginho menit 101, sementara Liverpool mencetak dua gol lewat Sadio Mane menit 48 dan 95. Pada akhirnya, Liverpool menjadi juara setelah menang adu penalti juga dengan skor 5-4.

Kemudian di ajang Liga Champions, Liverpool dua kali kebobolan lebih dulu saat jumpa Napoli. Pada pertemuan pertama, Liverpool kalah 0-2 dan di perjumpaan kedua bermain imbang 1-1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya