Catat Sejarah, Liga Malaysia Libatkan Wasit Wanita Musim Ini

Forum wasit Liga Super Malaysia 2020
Sumber :
  • twitter.com/FAM_Malaysia/

VIVA – Liga sepakbola Malaysia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah akan mulai menggunakan jasa wasit wanita untuk memimpin pertandingan. Dua kompetisi kasta tertinggi Negeri Jiran yakni Liga Super Malaysia dan Liga Primer Malaysia dikonfirmasi bakal menjalani kebijakan tersebut.

Sejarah Baru J League, 3 Wasit Perempuan Tugas Bersama

Nantinya, satu wasit wanita dan satu asisten wasit wanita akan jadi bagian dari 30 anggota tim yang dipilih untuk memimpin aksi Malaysia Football League (MFL) musim ini.

Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) telah mengkonfirmasi hal tersebut melalui Ketua Komite Wasit, Mohammed Dali Wahid kepada kantor berita Malaysia, Bernama News.

FIFA Tunjuk Wasit Internasional Wanita Pertama Arab Saudi

Baca juga: Dapat Izin FIFA, Pemain Naturalisasi Baru Malaysia Segera Berlaga

“Ini adalah langkah untuk mempromosikan wasit perempuan di negara ini. Keduanya telah lulus tes kebugaran dan proses evaluasi lainnya. Secara total, kami telah meningkatkan jumlah ofisial pertandingan menjadi 30 untuk musim baru,” ungkap Dali Wahid.

Sejarah Wasit Wanita di Piala Dunia Tercipta di Laga Jerman Vs Kosta Rika

Musim baru divisi teratas, Liga Super Malaysia akan dimulai pada 28 Februari 2020 dengan mempertemukan juara bertahan, Johor Darul Ta'zim (JDT) menghadapi Kedah FA di Stadion Sultan Ibrahim Larkin sebagai laga pembukaan musim ini.

Laga antara tim berjuluk Macan Selatan dan Elang Merah itu juga nantinya akan tersaji dalam perebutan trofi Piala Sultan Haji Ahmad Shah. JDT yang berlabel sebagai juara Liga Super Malaysia dihadapkan dengan Kedah yang berstatus sebagai runner up Piala Malaysia 2019.

Wasit wanita J League

3 Wasit J League Pimpin Laga Pembukaan Piala Dunia Wanita 2023

Tiga wasit J League mendapat kepercayaan memimpin pertandingan pembukaan Piala Dunia Wanita 2023 antara Selandia Baru melawan Norwegia di Eden Park, Auckland.

img_title
VIVA.co.id
20 Juli 2023