Bukan Karena Banyak Uang, Ini Arti Kaya FC Calon Lawan PSM di Asia

Pemain Kaya FC merayakan gol.
Sumber :
  • www.instagram.com/kayafc/

VIVA – Duel sarat gengsi di level Asia akan tersaji di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa 10 Maret 2020. PSM Makassar akan menjamu tim Filipina, Kaya FC dalam lanjutan penyisihan grup Piala AFC 2020.

Liga Champions Asia dan Piala AFC Berubah Format Musim Depan, Klub Indonesia Ikut yang Mana?

Selain statusnya sebagai salah satu tim elite Filipina, ada yang unik dari Kaya FC sehingga mungkin mudah diingat publik Indonesia. Sebab dalam bahasa Indonesia, Kata Kaya berarti 'memiliki banya harta'. 

Baca: MU Menangi Derby, Pogba Sindir Manchester City Pakai 3 Kata

Piala AFC: Penakluk Bali United Ngamuk, 2 Klub Australia Tembus Final Zona ASEAN

Namun, apa sebenarnya arti Kaya bagi publik Filipina? Apakah sama seperti dalam bahasa Indonesia? Untuk mengetahuinya, alangkah baiknya kita perlu melihat profil, sejarah singkat, visi dan misi klub tersebut.

Seperti dikutip dari iloilo.gov, Kaya FC adalah klub sepakbola profesional Filipina yang berbasis di kota Iloilo. Mereka saat ini bermain di Liga Sepakbola Filipina (PFL), kompetisi tingkat tertinggi di Filipina. 

Terlilit Utang, PSM Makassar Bakal Diakuisisi Andi Amar?

Didirikan pada tahun 1996, nama klub berasal dari istilah di Filipina 'káya' (Kita Bisa). Sementara di bahasa Tagalog Lama, kata tersebut bisa didefinisikan sebagai susi ng kapatiran yang berarti "kunci persaudaraan".

PSM Makassar vs Kaya FC 

Kedua definisi ini memberikan dasar bagi semangat dan visi Kaya FC. Klub yang dalam pengucapan Tagalog dilafazkan 'Kaja' itu pernah menjuarai piala domestik UFL 2015 Mereka juga pernah juara Copa Paulino Alcantara 2018.

Sementara itu, meski punya reputasi yang bisa dibanggakan di Filipina, Kaya FC tidak jemawa menghadapi PSM di laga nanti. Pelatih Kaya FC, Oliver Colina mengakui PSM merupakan salah satu tim terkuat di Grup H.

Bukan tak mungkin, juara Piala Indonesia musim lalu itu bakal menjadi hambatan bagi timnya lolos dari fase grup. "Kami menyiapkan tim dengan baik. Kami akan bekerja keras dalam pertandingan nanti," lanjutnya.

Di sisi lain, pelatih PSM, Bojan Hodak, mengatakan, laga melawan Kaya FC juga sangat sulit bagi timnya. Pasalnya, Kaya FC memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi. "Kaya FC bukan tim yang mudah dikalahkan," kata Bojan.

"Pertandingan nanti sulit dan keras bagi PSM," kata Bojan. Meski demikian, Bojan mengaku sudah mempunya strategi terbaik. Mantan pelatih Johor Darul Ta'zim itu optimistis timnya bisa meraih kemenangan. 

Baca juga:

Laga Persija Ditunda Karena Corona, PSM Kok Main di Jakarta

Taktik Sociedad Matikan Tendangan Bebas Messi Jadi Sorotan

Main 4 Kali dalam 12 Hari, PSM Makassar Tak Mau Loyo Hadapi Kaya FC

Gara-gara Corona, Ronaldo Rayakan Momen Spesial Tanpa Penonton

Mike Tyson Ungkap Rahasia Pukulan KO Pamungkas yang Makan 44 Korban

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya