Penyebab Kaya FC Gagal Tekuk 10 Pemain PSM

Duel PSM Makassar vs Kaya FC.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.

VIVA – Kaya FC gagal memaksimalkan keunggulan pemain saat menghadapi PSM Makassar di laga ketiga Grup H Piala AFC 2020. 

Liga Champions Asia dan Piala AFC Berubah Format Musim Depan, Klub Indonesia Ikut yang Mana?

Bertandang ke Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 10 Maret 2020, tim asal Filipina itu cuma mampu menahan imbang PSM 1-1.

Padahal, PSM harus berjibaku hanya dengan 10 pemain sejak menit 10. Bek Dedi Gusmawan diusir wasit karena sudah menerima dua kartu kuning. Bahkan, Kaya FC sempat tertinggal di babak pertama meski sudah unggul jumlah pemain.

Piala AFC: Penakluk Bali United Ngamuk, 2 Klub Australia Tembus Final Zona ASEAN

Gawang mereka dibobol oleh Osas Saha pada menit ke-22. Pemain naturalisasi itu mencatatkan namanya usai mendapatkan umpan matang dari Muhammad Arfan.

Kaya FC baru bisa menyamakan kedudukan pada babak kedua. Tepatnya menit ke-50. Umpan silang Arnel Amita disambut dengan tandukan tajam Eric Giganto yang gagal ditepis kiper PSM, Hilman Syah.

Drawing 16 Besar Liga Champions Asia: Cristiano Ronaldo Cs Tantang Sesama Klub Arab Saudi

Namun, usai gol tersebut, Kaya FC seperti kesulitan menembus barisan pertahanan PSM yang sudah kelelahan lantaran hanya bermain dengan 10 orang.

Pelatih Kaya FC, Oliver Colina mengakui PSM merupakan tim yang sulit ditaklukkan meskipun saat pertandingan tadi kalah jumlah pemain. 

Diakuinya, berbagai cara telah dicoba pemainya untuk membuat Ferdinand Sinaga cs terkapar. Namun, usaha tersebut tak jua membuahkan hasil.

"Kami sudah mencoba yang terbaik. 15 menit pertama cukup sulit untuk kami. Lawan bisa mencetak gol meski dengan 10 pemain. Lalu kami membuat perubahan taktik," kata Colina selepas pertandingan.

"Kami bermain baik dalam pertandingan ini. Hanya saja kami kurang beruntung. Namun setidaknya hasil ini masih membuat kami memimpin klasemen," sambungnya.

Tambahan satu poin di kandang PSM menguntungkan Kaya FC. Mereka menempati posisi kedua Grup H dengan 5 poin. Posisi puncak ditempati Tampines Rovers yang mengoleksi 7 poin.

Sedangkan PSM masih berada di peringkat ketiga dengan empat angka. PSM tentu harus berhati-hati dengan hasil ini. Sebab, PSM selanjutnya akan bertandang ke markas Kaya FC, Rizal Memorial Stadium pada 15 April 2020.

Baca juga:

Ditahan Kaya FC, Bojan Hodak Murka Pemain PSM Sering Dapat Kartu

7 Fakta Menarik Usai Atalanta Lolos ke Perempatfinal Liga Champions

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya