Tips Agar Pemain Sepakbola Tidak Bosan Dikarantina

Pertandingan LaLiga antara Real Madrid kontra Real Valladolid
Sumber :
  • Twitter/@realmadrid

VIVA – Kompetisi sepakbola di Eropa saat ini ditunda karena pandemi virus Corona COVID19. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran virus Corona. 

Agak Laen! Athletic Bilbao Rayakan Juara Copa del Rey dengan Naik Perahu

Para pemain sepakbola pun saat ini sedang melakoni masa karantina di rumah mereka masing-masing. Masa karantina tersebut dikhawatirkan akan membuat para pemain bosan dan stress, apalagi mereka harus berada di rumah sekitar 14 hari. 

Dikutip dari Dailymail, oleh karena itu sejumlah klub pun tetap memantau kesehatan pemain meski melalui jarak jauh. Mereka tetap memberikan menu-menu latihan yang bisa dilakukan di rumah. 

Akhiri Penantian 40 Tahun, Athletic Bilbao Juara Copa del Rey, Makin Tinggalkan Real Madrid

Menurut para psikologi, penting bagi pemain untuk tetap menjaga pola makan dan pola tidur.  Hal itu penting agar berdampak positif bagi pemain. Kemudian mereka juga harus melakukan kegiatan-kegiatan yang berdampak bagi kesehatan diri dan mental.

"Hal yang baik adalah untuk tetap fokus pada rutinitas dan mencoba untuk mencari ruangan untuk melanjutkan latihan, mengatur pola makan. Kemudian tetap berbicara dengan orang lain, sehingga perubahan tidak terasa terjadi," kata psikolog dari Athletic Bilbao, David Rincon.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Real Madrid vs Athletic Bilbao di LaLiga

Saat menjalani latihan, biasanya pemain tidak hanya berlatih secara fisik saja namun juga mental. Oleh karena itu, klub-klub juga harus memperhatikan bagaimana kondisi mental pemain tersebut. 

"Selama sesi latihan sehari-hari, pesepakbola tidak hanya melatih fisik tetapi juga menjalani latihan kognitif. Jadi penting bagi tim teknis untuk memberikan latihan kognitif bagi pemain, misalnya analisa musim ini agar mereka bisa meningkatkan kemampuan atau mempelajarai kekuatan lawan," kata departemen psikologi Levante, Juan Miguel Bernat. 

"Pemain sepakbola suka menantang diri mereka sendiri, mengalahkan rival dan memecahkan rekor. Mereka juga harus menyadari bahwa tetap ada persaingan, meski tidak secara langsung," tambahnya. 

Laga LaLiga, Eibar kontra Real Madrid

Menurut Bernat, para pemain juga harus diberi pengertian, bahwa siapa saja yang tetap menjaga kebugaran dan mental mereka, maka akan mendapatkan keuntungan saat kompetisi LaLiga kembali bergulir. 

Kompetisi LaLiga ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Baca juga:

Virus Corona Buat Mikel Arteta Merindukan Hal Ini

Alasan Mengejutkan Arjen Robben Batal Bergabung dengan MU?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya