Olimpiade Diundur, FIFA Beri Kelonggaran soal Pemain U-23

Logo di markas FIFA
Sumber :
  • Eurosport

VIVA – Olimpiade Tokyo 2020 resmi diundur setahun karena pandemi virus corona. Awalnya direncanakan akan dihelat 24 Juli - 9 Agustus 2020, kini diundur menjadi 23 Juli - 8 Agustus 2021. 

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan

Kondisi ini tentunya berefek langsung terhadap cabang sepakbola. Sebab, regulasi menyebutkan ajang ini diikuti pemain U-23 ditambah tiga pemain senior.

Masalahnya, dengan diundur setahun usia pemain otomatis bertambah. Pemain yang seharusnya bisa tampil tahun ini bakal berusia 24 di tahun mendatang.

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Terkait hal ini, FIFA memberikan kelonggaran. Mereka mempertahankan aturan pemain yang lahir setelah 1 Januari 1997 bisa tampil di Olimpiade. Artinya, pemain yang berusia 24 tahun masih bisa berpartisipasi.

Anindya Bakrie Rapat dengan NOC Prancis dalam Rangka Persiapan Olimpiade 2024

"Mempertimbangkan cabang sepakbola Olimpiade yang ditunda (kualifikasi dan turnamen final): mempertahankan regulasi awal (pemain yang lahir pada atau setelah 1 Januari 1997 dan tiga pemain senior)," bunyi pernyataan di situs resmi FIFA.

Dalam kesempatan yang sama, FIFA juga memberikan pengumuman mengenai turnamen internasional yang terdampak virus corona. Dua turnamen Piala Dunia Wanita di kategori usia tahun ini ditunda. Tak ada juga pertandingan internasional yang dimainkan di bulan Juni mendatang.

Baca juga

Anak Pertama Lahir, Oezil Bersyukur pada Allah

Diserang Virus Corona, Fatih Terim Berserah Diri pada Allah

Peragakan Teknik Kimura, One Pride Angels Ini Bikin Gagal Fokus

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya