Derby Lembah Ruhr Langsung Panaskan Comeback Bundesliga

Pertandingan Schalke vs Borussia Dortmund
Sumber :
  • twitter.com/bvb

VIVA – Bundesliga bakal kembali dihelat akhir pekan mendatang, 16 Mei 2020. Sebelumnya, liga kasta teratas Jerman ini harus terhenti akibat pandemi virus corona.

Man Utd Dapat Rejeki Nomplok Usai Dortmund Picu Klausul Jadon Sancho, Cuan Besar Menanti

Belum apa-apa, laga panas bakal tersaji di pekan 26 nanti. Ada Revierderby atau Derby Lembah Ruhr, laga yang mempertemukan Borussia Dortmund kontra Schalke 04 di Signal Iduna Park.

Sejak tahun 1925, aroma panas selalu tersaji setiap Schalke berhadapan dengan Dortmund. Schalke lebih identik dengan kaum buruh, sedangkan Dortmund dibentuk oleh kaum terdidik kelas menengah. 

Senangnya Kylian Mbappe Bawa PSG ke Semifinal Liga Champions

Ilustrasi duel Borussia Dortmund vs Schalke 04

Beberapa drama senantiasa terjadi di laga derby ini. Misalnya pada 26 Februari 1966, Dortmund sukses menang telak 7-0. Ini menjadi kemenangan terbesar Die Borussen di Derby Lembah Ruhr.

Ditambah Atletico Madrid, 22 Klub Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Drama juga sempat terjadi dalam pertemuan pada 19 Desember 1997. Pemain Schalke, Jens Lehmann, tercatat sebagai kiper pertama yang mencetak gol lewat permainan terbuka lewat sundulan. Laga berakhir imbang 2-2.

lehman

Menariknya, pada 1999, Lehmann justru pindah ke Dortmund, setelah sempat membela AC Milan. Dia menjadi salah satu pemain yang pernah membela Dortmund dan Schalke, selain Kevin-Prince Boateng, Steffen Freund, Andreas Möller, Christoph Metzelder, dan Felipe Santana.

(Baca juga: Dimulai Minggu Depan, Ini Jadwal Lengkap Bundesliga Pekan 26)

Dalam duel kali ini, Dortmund lebih di atas angin. Selain tampil di hadapan publik sendiri, Die Borussen juga ingin melaju kencang demi mendongkel Bayern Munich di puncak klasemen.

Dalam enam laga terakhir di semua kompetisi, Dortmund berhasil menang 5 kali dan hanya kalah sekali. Sedangkan Schalke dalam tren negatif karena tak mampu menang dalam 6 laga terakhir.

Namun, semua itu hanya prediksi di atas kertas. Apapun bisa terjadi dalam Derby Lembah Ruhr edisi ke-156 ini.

Berikut 5 pertemuan terakhir Dortmund vs Schalke dilansir Soccerway:

26 Oktober 2019: Schalke 0-0 Borussia Dortmund (Bundesliga)
27 April 2019: Borussia Dortmund 2-4 Schalke (Bundesliga)
8 Desember 2018: Schalke 1-2 Dortmund (Bundesliga)
15 April 2018: Schalke 2-0 Dortmund (Bundesliga)
25 November 2017: Dortmund 4-4 Schalke (Bundesliga)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya