Klopp: Ronaldo Hebat, tapi Messi Lebih Sempurna 

Manajer Liverpool, Juergen Klopp
Sumber :
  • Uefa.com

VIVA – Manajer Liverpool Juergen Klopp mempunyai penilaian sendiri tentang kekuatan megabintang Barcelona, Lionel Messi dan megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

Ya, siapa yang paling hebat antara Messi dan Ronaldo memang selalu menjadi perdebatan dalam satu dekade ini. Kedua pemain berhasil mengukir prestasi bersama timnya masing-masing.

Di level individu, Messi dan Ronaldo juga mendominasi gelar Ballon d'Or. Messi saat ini mengoleksi enam gelar, sementara Ronaldo meraih lima kali.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

Baca Juga: Haaland Bikin Real Madrid Patah Hati

Rasmus Hojlund Lebih Pilih Legenda MU Dibanding Cristiano Ronaldo, Kenapa?

Sebagai manajer, Klopp sudah pernah merasakan bagaimana timnya berlawanan dengan Messi dan Ronaldo. Nah, dari pertemuan itu, siapa yang menurut Klopp lebih baik?

Bagi manajer asal Jerman itu, Ronaldo merupakan pemain yang memiliki postur fisik yang sempurna sebagai pesepakbola. Kemampuan Ronaldo menurut Klopp juga sangat luar biasa.

Tapi, menurut Klopp, Messi lebih dari segalanya. Klopp menyebut Messi memiliki kemampuan yang alami meskipun tidak memiliki postur fisik seperti Ronaldo.

"Bagi saya Messi favorit, tapi saya tidak bisa mengagumi Ronaldo lebih dari yang sudah saya lakukan. Alasannya, Kami sudah pernah bermain melawan keduanya dan mereka hampir mustahil untuk diatasi," kata Klopp dalam wawancara dengan freekickerz.

"Tapi Messi memiliki postur yang lebih kecil sejak lahir. Jika Anda bisa menggambarkan diri Anda sebagai pemain yang sempurna, maka tinggi badan Ronaldo gambarannya. Secara keseluruhan, jelas Messi sempurna dan profesional, tidak ada yang lebih baik dari dia," sambung Klopp.

Di sisi lain, meski Klopp mengakui Messi sebagai pemain sempurna, namun Klopp berhasil membuat Messi tertunduk lesu di semifinal Liga Champions 2018/2019.

Klopp bersama Liverpool berhasil menyingkirkan Barcelona dengan cara yang fantastis. Tertinggal 0-3 di leg pertama, Liverpool bisa membalikkan keadaan di leg kedua. Liverpool berhasil mengalahkan Messi cs 4-0. 

Setelah berhasil melaju ke final, Liverpool sukses mengandaskan perlawanan Tottenham Hotspur 2-0 dan menyegel gelar juara. Musim ini, Klopp juga berpeluang membawa Liverpool menjuarai Premier League.

Baca Juga: 

Kisah Mahrez Juara Premier League dengan 'Tim Rugby' Leicester City

China Ancam Indonesia, PSBB Jawa Barat Amburadul Hingga Risma Ngeluh

5 Transformasi Tubuh Luar Biasa Pesepakbola, Nomor 4 Paling Lucu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya