Update Kelanjutan 5 Liga Top Eropa di Tengah Pandemi Virus Corona

Striker Bayern Munich, Robert Lewandowski
Sumber :
  • twitter.com/FCBayernEN

VIVA – Lima liga top Eropa: Premier League, LaLiga, Bundesliga, Serie A, dan Ligue 1 harus terhenti sejak Maret 2020 lalu. Pandemi virus corona membuat sepakbola di Eropa mati suri.

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Namun, belakangan angka virus corona di Eropa mengalami penurunan. Hal ini membuat liga-liga top Eropa memulai kembali kompetisi, meski tak bisa dihadiri penonton.

Bundesliga menjadi kompetisi pertama yang dimulai kembali pada 16 Mei 2020 silam. Setelah itu diikuti Serie A, Premier League, dan LaLiga.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

Berikut update kelanjutan lima liga top Eropa:

1. Jerman

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Bundesliga
Bundesliga bisa dibilang menjadi pelopor kelanjutan liga top Eropa. Di saat liga-liga lain masih menentukan tanggal kelanjutan kompetisi, kasta teratas Jerman ini sudah dimulai pada 16 Mei.

Borussia Dortmund vs Bayern Munich

Bundesliga sudah memainkan pertandingan hingga pekan 29, dan tinggal lima pekan tersisa. Juara bertahan Bayern Munich masih kokoh di puncak klasemen dengan 67 poin dari 29 laga. Die Roten unggul tujuh angka dari Borussia Dortmund yang menjadi pesaing terdekat.

DFB-Pokal
Semifinal DFB-Pokal akan berlangsung pada 9 dan 10 Juni 2020 waktu setempat. Tim kasta 4, Saarbruecken menjamu Bayer Leverkusen di Hermann Neuberger Stadion, Rabu dini hari WIB, 10 Juni 2020. Sehari berselang, Bayern Munich ditantang Eintracht Frankfurt di Allianz Stadium.Final rencananya berlangsung pada 4 Juli 2020. Laga berlangsung di Olympiastadion Berlin.

(Baca juga: Berikut Jadwal Baru Semifinal dan Final DFB-Pokal)

2. Spanyol

LaLiga
LaLiga bakal digelar kembali pada 11 Juni 2020. Kompetisi kasta teratas Spanyol ini bakal dimulai dengan Derby Sevilla antara Sevilla melawan Real Betis, pada 11 Juni 2020.

Laga Derby Sevilla itu berlangsung pukul 22.00 waktu setempat. Jika dilihat waktu Indonesia, kira-kira berlangsung pukul 03.00, Jumat dini hari WIB 12 Juni 2020.

(Baca juga: 11 Juni, LaLiga Dibuka Lagi dengan Derby Sevilla)

Copa del Rey
Copa del Rey musim ini menyisakan laga final. Final menyajikan Derby Basque antara Real Sociedad melawan Athletic Bilbao.

Hingga kini, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) belum menentukan tanggal final Copa del Rey. Kedua finalis menginginkan laga tetap digelar dengan penonton.

(Baca juga: Finalis Copa Del Rey Ingin Pertandingan Dihadiri Penonton)

Selanjutnya: Ligue 1 hingga Serie A

3. Prancis

Ligue 1
Di saat empat liga top Eropa memilih lanjut, hal sebaliknya terjadi di Prancis. Ligue 1 resmi dihentikan pada 28 April 2020. Dua hari kemudian, Paris Saint-Germain yang menempati puncak klasemen dinobatkan sebagai juara.

Pemain Paris Saint-Germain (PSG) rayakan gol.

Keputusan ini diprotes keras Presiden Olympique Lyon, Jean-Michel Aulas. Dia menganggap penghentian kompetisi sebagai sesuatu yang salah dan terburu-buru.

(Baca juga: Keputusan Menghentikan Ligue 1 Dianggap Terlalu Bodoh)

Kondisi di Prancis belakangan malah mulai membaik. Pada 2 Juni, klub-klub Prancis diperbolehkan menggelar latihan. Lalu pada 22 Juni, mereka sudah bisa menggelar partai persahabatan menyambut musim baru.

Coupe de France
Coupe de France menyisakan final antara PSG melawan Saint-Etienne. Hingga saat ini, Federasi Sepakbola Prancis (FFF) belum memutuskan apakah laga tetap digelar atau dibatalkan.

Coupe de La Ligue
Sama seperti Coupe de France, ajang ini juga menyisakan partai final. PSG bertemu dengan Olympique Lyon. Kejelasan ajang ini juga masih abu-abu.

4. Inggris

Premier League
Kompetisi kasta teratas Inggris ini bakal digelar kembali pada 17 Juni. Ada dua laga yang dihelat yakni Manchester City vs Arsenal dan Aston Villa vs Sheffield United.

Striker Manchester City, Sergio Aguero mencetak hattrick ke gawang Arsenal

(Baca juga: Premier League 'Dibuka' Laga Panas Manchester City Vs Arsenal)

Laga ini sejatinya digelar pada 1 Maret 2020. Namun ditunda karena ManCity dan Aston Villa bertemu di final Piala Liga.

Piala Liga
Piala Liga sudah rampung digelar pada 1 Maret 2020, sebelum pandemi virus corona. ManCity menjadi juara usai menekuk Aston Villa 2-1 di Wembley.

Piala FA
Piala FA digelar kembali pada 27-28 Juni dengan menyajikan partai perempatfinal. Leicester City menghadapi Chelsea. Newcastle United ditantang Manchester City, Sheffield United menghadapi Arsenal. Lalu, Norwich City menjamu Manchester United.

Setelah itu, semifinal bakal berlangsung pada 18-19 Juli. Sedangkan final dihelat pada 1 Agustus 2020.

(Baca juga: Piala FA Bakal Dihelat Kembali pada 27 Juni)

5. Italia

Serie A
Serie A kembali digelar pada 20 Juni 2020. Empat laga akan digelar, yang merupakan laga tunda pekan 25.

Yakni, Atalanta vs Sassuolo, Hellas Verona vs Cagliari, Inter Milan vs Sampdoria dan Torino vs Parma. Pertandingan tertunda lebih dulu karena virus corona di wilayah utara Italia.

Bomber Inter Milan, Romelu Lukaku.

(Baca juga: Serie A Dibuka Kembali dengan 4 Pertandingan)

Coppa Italia
Sebelum Seri A dihelat, Negeri Spagetti bakal  merampungkan Coppa Italia. Saat ini tinggal tersisa leg 2 semifinal dan partai final.

Dilansir Tuttosport, leg 2 semifinal bakal berlangsung pada 12-13 Juni. Sebelumnya, sempat tersiar kabar laga dihelat pada 13-14 Juni.

Setelah itu, dua tim terbaik bakal bertemu di final. Final rencananya berlangsung di Stadion Olimpico, Roma pada 17 Juni 2020.(Baca juga: Lanjutan Coppa Italia Digelar 12 Juni, Berikut Hasil Semifinal Leg 1)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya