Liga Champions Musim Ini Ganti Format dan Pindahkan Venue Final?

Trofi Liga Champions.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – ?UEFA dan ECA dikabarkan sedang merancang plan B untuk menuntaskan Liga Champions musim ini. Salah satu yang dipertimbangkan adalah mengubah format kompetisi.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Meski sebenarnya UEFA dan ECA masih mengupayakan untuk menyelesaikan turnamen sebagaimana mestinya, namun mereka juga tidak menutup peluang mengambil langkah lain bila memang diperlukan.

Liga Champions yang sudah memasuki babak 16 besar diperkirakan akan digelar lagi mulai 4 Agustus mendatang dan selesai pada 29 Agustus. Pertandingan akan dikebut dengan memakai format home-away di fase knock out.

Persib Bandung Tetap Waspadai Borneo FC yang Pincang

Namun untuk plan B, UEFA dan ECA yang dipimpin oleh Presiden Juventus, Andrea Agnelli, mempertimbangkan untuk mengubah pertandingan di babak delapan besar menjadi format single game. Bisa jadi nanti pemenang duel ditentukan lewat extra time atau adu penalti.

Trofi Liga Champions

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

Selain demi mengurangi jumlah laga yang dapat menguras fisik pemain, langkah tersebut juga untuk membatasi mobilitas masyarakat selama masa pandemi, seperti ditulis Foootball Italia.

Bukan cuma format turnamen yang diusulkan diubah, venue pertandingan final kemungkinan juga akan digeser. Tadinya partai puncak akan digelar Istanbul, Turki. Namun karena alasan keamanan dan kesehatan, hal tersebut kembali harus dipertimbangkan.

Laga Lyon versus Juventus di 16 besar Liga Champions

Setelah melakukan kajian, UEFA dan ECA kemungkinan memindahkan laga final ke Portugal, tepatnya di Lisbon. 

Tempat tersebut ideal karena tingkat penularan virus corona di sana termasuk rendah. Stadion di sana juga dianggap netral karena seluruh wakil Portugal saat ini sudah tersingkir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya