Efek Kubo Bikin Real Madrid dan Barcelona Kalah Populer di Jepang

Gelandang serang Timnas Jepang U-19, Takefusa Kubo
Sumber :
  • the-afc.com

VIVA – Sosok Takefusa Kubo telah menjadikan Real Mallorca menjadi klub LaLiga paling populer di Jepang dibandingkan Real Madrid dan Barcelona. Pemain muda Jepang ini dipinjamkan Real Madrid ke Real Mallorca musim ini.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Sosok Kubo diklaim mengangkat popularitas Real Mallorca sekaligus LaLiga di Jepang. Fakta ini diungkapkan Manajer LaLiga Jepang, Ivan Codina. "Dampaknya sangat besar," katanya kepada Cadena SER, Sabtu 13 Juni 2020.

Baca: Baru Mulai, LaLiga Sudah Dihujat Gara-gara Hal Ini

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

"Kami bisa katakan, bahwa dalam tiga tahun terakhir, popularitas LaLiga telah tumbuh di pasar Jepang. Dan di musim yang terakhir, dengan efek Kubo, kami bahkan telah berhasil sejajar dengan Premier League."

Ivan Codina menambahkan, fenomena Kubo ini mirip dengan apa yang terjadi di Espanyol yang diperkuat pemain China, Wu Lei. Klub tersebut kini menjadi klub LaLiga yang terpopuler di China.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Winger Timnas Jepang, Takefusa Kubo

Codina juga mengungkapkan delapan dari sepuluh pertandingan LaLiga yang paling banyak ditonton musim ini di Jepang adalah Real Mallorca. Data ini menambah keyakinan atas efek Kubo terhadap popularitas Mallorca di Jepang.

"Di tingkat komersial, kita berbicara tentang pasar yang memiliki potensi besar, dengan banyaknya perusahaan terkemuka dunia yang menjadikan mereka sponsor potensial untuk LaLiga di beberapa sektor," jelasnya.

"Itu juga sangat penting bagi kami ketika melakukan pencarian peluang bisnis," tambahnya.

Baca: James Rodriguez, Mitos Timnas Kolombia namun Merana di Madrid

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya