20 Juni 1976: Penalti Panenka Tercipta

Penalti Antonin Panenka di final Piala Eropa 1976
Sumber :
  • Le Parisien

VIVA – 20 Juni menjadi salah satu tanggal yang bersejarah dalam dunia sepakbola. Pasalnya di tanggal ini, tercipta gaya eksekusi penalti yang menakjubkan. Penalti dini dinamakan Panenka berdasarkan nama pemain yang melakukannya pertama kali.

Ernando Ari Gagalkan Penalti, Timnas Indonesia U-23 Sukses Bekuk Australia

Momen ini terjadi di final Piala Eropa 1976. Di laga ini, juara Piala Eropa dan juga juara Piala Dunia, Jerman Barat, difavoritkan menang atas Cekoslowakia di final Piala Eropa 1976.

Baca: 10 Eksekusi Penalti Panenka Terbaik Sepanjang Masa

Komang Teguh Bayar Lunas Kesalahan, Timnas Indonesia U-23 Ungguli Australia

Meski difavoritkan juara, Jerman justru sempat tertinggal 0-2 oleh Cekoslowakia melalui gol Jan Svehlik di menit 8 dan gol Karol Dobias saat laga memasuki menit 25.

Jerman Barat berhasil memaksakan hasil imbang di waktu normal berkat gol Dieter Muller di menit 28 dan gol Bernd Holzenbein pada menit 89. Skor 2-2 yang memaksakan perpanjangan waktu.

Ernando Ari Gagalkan Penalti, Timnas Indonesia U-23 Ungguli Australia di Babak I

Saat perpanjangan waktu tidak kunjung tercipta gol pemenang, maka laga pun selanjutnya ditentukan oleh adu penalti. Tiga eksekutor penalti kedua tim sukses menunaikan tugas mereka.

Dan kegagalan eksekutor penalti keempat Jerman Barat, Uli Hoeness, menjadi peluang emas buat eksekutor kelima Cekoslowakia, Antonin Panenka untuk menyegel kemenangan buat timnya.

Dia melepas tendangan chip ke tengah gawang yang menipu kiper Jerman Barat, Sepp Maier. Penalti Panenka ini pun menghasilkan kemenangan buat Cekoslowakia sekaligus menjadi fenomena sendiri.

Sampai hari ini penalti kemenangan Cekoslowakia itu menjadi salah satu penalti yang paling terkenal dan membuat nama Panenka identik dengan gaya tendangan penalti jenis itu.

Baca juga: 

Inikah Penalti Panenka Terparah Sepanjang Sejarah?

Sergio Ramos, Raja "Penalti Panenka" di Timnas Spanyol

Joe Hart Kenang Tendangan Penalti Panenka dari Pirlo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya