Video Gol Panenka Terbaik: Dari Zidane, Messi, Hingga Ramos

Bek Timnas Spanyol, Sergio Ramos mencetak gol penalti ke gawang Macedonia
Sumber :
  • Caughtoffside

VIVA – Dalam dunia sepakbola, Panenka merupakan teknik yang digunakan dalam tendangan penalti. Di mana eksekutor penalti alih-alih menendang bola ke kiri atau kanan kiper, malah menembak pelan ke tengah.

6 Bintang Top yang Ternyata Jebolan Piala Dunia U-17

Teknik mengarahkan ke tengah gawang menipu kiper yang bersiap melakukan penyelamatan ke kiri atau ke kanan. Teknik ini pertama kali dilakukan oleh pemain Cekoslowakia, Antonín Panenka.

Baca: 20 Juni 1976, Penalti Panenka Tercipta

Kroasia Vs Spanyol, Cerita di Balik Penalti Panenka Dani Carvajal

Dia melakukan teknik ini kepada dunia di final Piala Eropa 1976, ketika ia memperdaya kiper Jerman Barat, Sepp Maier. Penaltinya ini menjadi penentu Cekoslowakia juara Piala Eropa 1976. 

Setelah debutnya yang sensasional di Piala Eropa 1976, tendangan Panenka kerap digunakan sejumlah pemain. Meski tidak semuanya berhasil membuahkan gol. Sebab butuh kepercayaan diri tinggi.

Komjen Fadil Imran Jadi Kapten Main Bola Bareng Kaesang Pangarep dan Legenda Sepakbola Dunia

Teknik tendangan penalti ini juga kerap disebut Il Cucchiaio (sendok) di Italia, Cavadinha (cungkilan) di Brasil dan Picado (tendangan penalti menyodok) di Argentina.

Beberapa bintang yang pernah melakukan aksi Panenka ini di antaranya: Thierry Henry, Zinedine Zidane, Lionel Messi, Fransesco Totti, Zlatan Ibrahimovic, Andrea Pirlo hingga Sergio Ramos.

Berikut ini cuplikan video kompilasi penalti Panenka:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya