Bastian Schweinsteiger Resmi Pensiun

Bastian Schweinsteiger saat membawa Timnas Jerman juara Piala Dunia 2014
Sumber :
  • Instagram/@bastianschweinsteiger

VIVA – Setelah 18 tahun berkiprah di dunia sepakbola, Bastian Schweinsteiger akhirnya memutuskan untuk pensiun. Pemain tengah berpaspor Jerman secara resmi mengonfirmasi keputusan gatung sepatu di usia 35 tahun.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Lewat akun Instagram pribadinya, Schweinsteiger mengumumkan keputusan pensiun dari dunia sepakbola profesional. Dalam konfirmasinya, suami mantan petenis nomor satu dunia, Ana Ivanovic, mengucapkan kalimat perpisahan kepada seluruh fans dan ucapan terima kasihnya.

"Kepada fans yang tercinta, waktunya sudah tiba dan saya akan menyelesaikan karier aktif saya pada akhir musim ini. Saya mengucapka terima kasih kepada Anda semua dan tim saya, @fcbayern, @manchesterunited, @chicagofire and @dfb_team. Anda membuat waktu begitu luar biasa dan semuanya menjadi mungkin bagi saya," tulis Schweinsteiger di Instagram.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Schweinsteiger merupakan jebolan akademi sepakbola Bayern Munich. Ia memulai kariernya bersama armada The Bavarians musim 2002/2003. Saat itu, pemain yang akrab disapa Schweini atau Basti masuk dalam skuat senior saat usianya baru 18 tahun di bawah komando Ottmar Hitzfeld.

13 musim membela panji Die Roten, Schweinsteiger ikut mengantar Bayern meraih delapan gelar Bundesliga, tujuh gelar Piala Jerman (DFB-Pokal), satu gelar Piala Liga Jerman (DFB-Ligapokal), satu gelar Piala Super Jerman, dan satu gelar Liga Champions.

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Tepatnya pada musim 2012/2013, Schweinsteiger jadi salah satu sosok sentral di balik keberhasilan Bayern merengkuh gelar treble winner. Total Schweinsteiger tampil dalam 500 pertandingan dan mencetak 68 gol di semua ajang.

Setelah itu, Schweinsteiger bergabung dengan klub elite Premier League, Manchester United, musim 2015/2016. Sayang, karier pemain kelahiran Kolbermoor ini tak mengkilap bersama Setan Merah. Meskipun ikut mengantar MU juara Piala FA 2015/2016, Schweinsteiger hanya tampil dalam 35 laga dan mencetak dua gol selama dua musim di Old Trafford.

Gagal bersinar bersama MU, Schweinsteiger pun hijrah ke Amerika Serikat dan merapat ke klub Major League Soccer (MLS), Chicago Fire. Setelah tiga musim membela Chicago Fire, Schweinsteiger akhirnya memutuskan diri untuk mundur dari dunia yang membesarkan namanya.

Selain di level klub, Schweinsteiger juga punya karier kinclong bersama Timas Jerman. Masuk dalam skuat senior Die Nationalmannschaft pada 2004, Schweinsteiger punya 121 caps dan mampu mengemas 24 gol. 

Setelah hanya mampu membawa Tim Panser duduk di posisi ketiga pada Piala Dunia 2006 dan 2010, Schweinsteiger akhirnya sukses membawa Jerman meraih titel juara Piala Dunia 2014 di Brasil. Di Timnas Jerman, Schweinsteiger lebih dulu memutuskan mundur pada Juni 2016 pasca Piala Eropa di Prancis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya