Ya Ampun, Peringkat Dunia MU Kalah dari Klub Arab dan China

Para pemain Guanzhour Evergrande merayakan kemenangan
Sumber :
  • Fox Sports Asia

VIVA – Performa melempem Manchester United musim ini ternyata berpengaruh pada peringkatnya di dunia. Setan Merah tak cuma berada di bawah klub-klub elite Eropa lain, rankingnya pun bahkan kalah dari beberapa klub yang berasal dari Asia.

Erik Ten Hag Bongkar Penyebab Antony Ledek Pemain Coventry City

International Football Federation of Football History & Statistics (IFFHS), sebuah organisasi yang diakui FIFA dalam pencatatan sejarah dan statistik sepakbola dunia, merilis daftar peringkat klub-klub dunia untuk pekan keempat Januari 2020.

Dalam catatan Clubworldranking.com, pasukan Ole Gunnar Solskjaer saat ini tercecer di urutan ke-51 dunia. Posisi The Red Devils bahkan turun tujuh peringkat dari pekan ketiga, setelah mengalami dua kekalahan beruntun dari Liverpool dan Burnley di Premier League. MU menempati peringkat tersebut dengan catatan hanya 6708 poin.

Pemain MU yang Tak Diinginkan Jose Mourinho Masih Ada Sampai Sekarang

Penyerang Al-Hilal, Bafetimbi Gomis (kiri) melakukan selebrasi

Yang lebih memalukan, peringkat MU kalah dari klun elite Arab Saudi,  Al-Hilal, yang berdiri di posisi ketujuh dengan koleksi 10994 poin. MU juga kalah peringkat dari tim kaya raya China, Guangzhou Evergrande, yang menduduki posisi 20 dengan poin 9002.

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Bukan cuma kalah dari Al-Hilal dan Guangzhou Evergrande, posisi MU juga lebih rendah dari tujuh klub Asia lainnya. Al-Nassr yang juga berasal dari Arab Saudi, berada di posisi 22. Kemudian, klub Chinese Super League lainnya, Shanghai SIPG, Shandong Luneng, dan Beijing Guoan, juga lebih tinggi posisinya dari MU.

Shanghai SIPG berada di posisi 27, Shandong Luneng di urutan 43, sementara Beijing Guoan menduduki peringkat 44. Dua klub Korea Selatan, Ulsan Hyundai dan Jeonbuk Hyundai Motors berada masing-masing di posisi 36 dan 40. Kemudian, ada satu klub Jepang, Kashima Anthlers, yang berada di posisi 38.

Para pemain Guanzhour Evergrande merayakan kemenangan

Di posisi pertama, Liverpool berhasil menggeser Barcelona dengan catatan 15353 poin. Sementara Barcelona melorot ke posisi kedua dengan koleksi 15174 poin. Finalis Piala Dunia Klub 2019 dari Brasil, Flamengo, berada di urutan ketiga dengan raihan 12536 poin.

Raksasa Argentina, River Plate, menempati peringkat keempat dengan catatan 12534 poin, sementara klub kaya raya Premier League, Manchester City, ada di posisi kelima dengan catatan 11982 poin.

Sebagai catatan, IFFHS memberikan penilaian bagi sebuah klub berdasarkan catatan statistik dalam keikutsertaannya di kompetisi domestik dan internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya