Soal Format Sisa Laga Babak 16 Besar UCL, Ini Putusan UEFA

Trofi Liga Champions
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Setelah liga-liga di Eropa kembali bergulir mulai Juni lalu, UEFA pun terus mempersiapkan kelanjutan babak 16 besar Liga Champions. Rencananya, sisa laga babak 16 besar akan dilanjutkan pada 7-8 Agustus mendatang.

Suporter Bayern Munich Dilarang ke Markas Arsenal

Namun, yang masih menjadi polemik adalah lokasi tempat dilangsungkannya pertandingan. Sebelumnya, UEFA khawatir jika tim-tim peserta harus terbang ke luar negeri untuk menjalani laga tandang lantaran pandemi virus corona COVID-19 masih belum usai. Sehingga, akhirnya otoritas tertinggi sepakbola Eropa itu mempersiapkan venue netral yang akan digunakan untuk menyelesaikan sisa leg kedua.

Sejauh ini, baru ada empat tim yang lolos ke babak perempat final, yakni Atalanta, Atletico Madrid, RB Leipzig dan Paris Saint-Germain. Sementara, sisa laga lainnya, yang tertunda lantaran ada wabah corona, akan mempertemukan Chelsea vs Bayern Munich, Barcelona vs Napoli, Real Madrid vs Manchester City, dan Juventus vs Lyon.

Jadwal Babak Perempat Final Liga Champions: Manchester City ketemu Real Madrid

Setelah melakukan berbagai koordinasi dan pertimbangan, UEFA akhirnya memutuskan untuk menggelar sisa babak 16 besar di kandang masing-masing klub. Itu berarti tiap tim peserta tetap harus terbang ke lokasi tim yang menjadi tuan rumah di leg kedua.

Barulah, setelah itu seluruh pertandingan hingga babak final akan dihelat satu leg di Lisbon, Portugal, mulai 12-23 Agustus 2020.

Drawing Perempat Final Liga Europa: Liverpool Vs Atalanta dan Duel Wakil Serie A

Pun dengan Liga Europa. Di kompetisi kasta kedua Benua Biru ini malah belum ada tim yang lolos dari 16 besar. Delapan tiket masih diperebutkan oleh Istanbul Basaksehir vs Copenhagen, Olympiakos vs Wolves, Rangers vs Bayer Leverkusen, Wolfsburg vs Shaktar Donetsk, Inter Milan vs Getafe, Sevilla vs Roma, Eintracht Frankfurt vs Basel, dan LASK vs Manchester United. Semua pertandingan Liga Europa di 16 besar akan dimainkan pada 5 atau 6 Agustus.

Berbeda dengan Liga Champions, Liga Europa akan mengambil tempat di Jerman. Finalnya akan digelar di Stadion Koeln, 21 Agustus mendatang.

Baca juga: Sering Bantai Alaves, Real Madrid Tetap Waspada

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya