Liga 1 Dimulai Oktober, Apa Kabar Liga Lain di Asia Tenggara?

Salam siku dalam duel Bhayangkara FC vs Persija.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.

VIVA – Masa depan Liga 1 2020 akhirnya menemui titik terang. Kompetisi kasta teratas sepakbola Indonesia itu resmi kembali bergulir pada 1 Oktober 2020.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Kepastian tersebut tertuang dalam surat PT LIB bernomor 244/LIB-COR/VII/2020, tertanggal 10 Juli 2020. LIB juga sudah mengirimkan surat tersebut kepada seluruh klub Liga 1 musim ini.

Dalam surat yang ditandatangani direktur utama PT LIB Akhmad Lukita tersebut, nantinya jadwal pertandingan akan mengikuti situasi perkembangan pandemi COVID-19.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

Ternyata, sebelum Liga 1 dimulai, liga-liga lain di Asia Tenggara sudah dimulai kembali di era new normal. Vietnam, Laos, Kamboja sudah menggelar kembali kompetisi. Beberapa lainnya segera menyusul.

Berikut deretan liga yang bergulir di Asia Tenggara di era new normal:

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

1. Vietnam
Vietnam merupakan negara dengan angka kasus virus corona yang rendah. Sampai saat ini baru ada 373 kasus dengan 0 kematian.

Ini membuat Liga Vietnam hanya terhenti sejenak pada 15 Maret 2020. Sejak 5 Juni, kompetisi di Vietnam sudah bergulir kembali di pekan ke-3. Saat ini. Liga Vietnam memasuki pekan ke-9, Sai Gon memimpin klasemen.

2. Laos
Virus corona membuat kompetisi di Laos molor. Namun, akhirnya Liga Laos dimulai pada akhir pekan lalu, tepatnya pada 11 Juli 2020. Ini baru pekan perdana. Lao Police klub memimpin klasemen sementara.

3. Kamboja
Liga Kamboja harus terhenti sejak 15 Maret karena pandemi virus corona. Kompetisi akhirnya bergulir kembali pada 4 Juli 2020. Saat ini, Svay Rieng memimpin klasemen dengan 19 poin dari 7 laga.

4. Australia
Virus corona membuat Liga Australia harus rehat sejenak sejak 23 Maret 2020. Dan mulai akhir pekan ini, tepatnya pada 17 Juli A-League kembali bergulir. Laga restart diawali dengan duel Sydney FC vs Wellington Phoenix di  Netstrata Jubilee StadiumDuel Western Sydney Wanderers vs Sydney FC di A-League.

5. Malaysia
Liga Super Malaysia terhenti sejak 15 Maret lalu. Kompetisi bakal bergulir kembali pada 15 Agustus 2020, dua bulan sebelum Liga 1 digelar. Hal ini sudah dikonfirmasi Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob, selaku Menteri Senior Keamanan Malaysia.

"Olahraga tim seperti sepakbola, rugby, hoki, sepaktakraw, bola basket dan squash, akan kembali bergulir pada 15 Agustus 2020," kata Ismail dilansir Asean Football.

Baca juga:
PSSI Jawa Barat: Pertandingan Tarkam Aniaya Wasit Tanpa Rekomendasi
Liga 1 2020 Bergulir Lagi 1 Oktober, Simak 7 Aturan Barunya
Ceres Negros dan Prestasi Fenomenalnya di Asia yang Tinggal Kenangan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya