Pergantian 5 Pemain Diperpanjang hingga Musim 2020/2021

Selebrasi pemain Manchester United
Sumber :
  • twitter.com/ManUtd

VIVA – Pandemi virus corona COVID-19 memunculkan sejumlah aturan baru yang diterapkan dalam pertandingan sepakbola dalam usaha menyesuaikan dengan protokol kesehatan. Salah satunya adalah pergantian lima pemain.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Aturan itu diterapkan guna menghindari kelelahan akut yang berpotensi dirasakan pemain setelah "libur kompetisi" sekitar empat bulan dan harus bermain dengan jadwal yang padat.

Rencana awal, pergantian lima pemain itu diterapkan sementara hingga kompetisi musim ini berakhir. Namun, muncul kabar terbaru mengenai aturan tersebut.

Bikin Quattrick Lawan Everton, Cole Palmer Sejajar Erling Haaland dalam Daftar Top Skor

Baru-baru ini, Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) memberikan rekomendasi untuk memperpanjang penerapan peraturan tersebut hingga akhir musim 2020/2021. Keputusan itu diambil setelah IFAB melakukan rapat beberapa waktu lalu.

Petinggi IFAB memperluas amandemen pada "laws of the game" yang mencakup kompetisi liga yang berakhir pada atau sebelum 31 Juli 2021, dan untuk kompetisi internasional yang dijadwalkan pada Juli dan Agustus di tahun yang sama.

Pemain Chelsea Rebutan Penalti, Mauricio Pochettino: Ini Seperti Anak Kecil Memalukan

Tapi, aturan itu sifatnya tak mengikat. Setiap kompetisi berhak menentukan sendiri apakah bakal menerapkan aturan tersebut di musim depan.

"Terkait keputusan yang diambil pada 8 Mei 2020 untuk memberikan pilihan kepada kompetisi yang dijadwalkan selesai pada 2020 untuk menggunakan hingga lima pergantian, Dewan Direksi IFAB telah sepakat untuk meninjau apakah akan memperpanjang opsi ini lebih lanjut,” demikian bunyi pernyataan IFAB seperti dikutip Sky Sports.

“Atas dasar tinjauan mendalam ini, berdasarkan timbal balik dari pemangku kepentingan dan analisis dampak COVID-19 pada kalender kompetisi, Dewan Direksi IFAB telah menyetujui untuk memperluas opsi ke kompetisi yang dijadwalkan akan selesai pada 31 Juli 2021 dan kompetisi internasional yang dijadwalkan pada Juli/Agustus 2021,” lanjut pernyataan tersebut.

Baca juga: Resmi Digelar Musim Dingin, Ini Jadwal Lengkap Piala Dunia 2022

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya