Tsubasa Beneran Ada, Sukses Bikin Rekor Gol Cepat di MLS

Pemain Toronto FC, Tsubasa Endoh.
Sumber :
  • www.japantimes.co.jp

VIVA – Banyak pemain bola yang disandingkan dengan Tsubasa Ozora, tokoh utama dalam anime Captain Tsubasa. Padahal, tak perlu repot-repot mencari. Sebab, benar-benar ada pemain dengan nama Tsubasa di dunia ini.

Timnas Indonesia Lawan Jepang Ibarat Si Madun Vs Captain Tsubasa

Pemain tersebut adalah Tsubasa Endoh, winger asal Jepang yang memperkuat klub Liga Amerika Serikat (MLS), Toronto FC. Kisah Tsubasa dimulai saat berusia 11 tahun.

Tsubasa ambil bagian dalam Akademi Asosiasi Sepakbola Jepang. Setelah empat tahun menimba ilmu di Fukushima, dia mendapatkan kesempatan melanjutkan karier di luar negeri.

Pencipta Captain Tsubasa, Yoichi Takahashi Umumkan Pensiun

"Hal yang paling penting untuk saya adalah pergi ke negara berbahasa Inggris. Saya mulai belajar bahasa Inggris sejak usai 4 tahun karena disuruh ibu saya. Saya benci belajar. Tapi, semakin bertambah usia saya ingin bisa berbahasa Inggris dengan baik," kata Tsubasa dilansir Japan Times.

"Inggris adalah pilihan pertama saya. Tapi, itu sulit. Saya mendengar perkemahan musim panas di Amerika Serikat dengan kemungkinan belajar di sana dan sepertinya itu pilihan bagus," tegasnya.

Gol Cristiano Ronaldo di Luar Nurul! Menukik Tajam Mirip Drive Shoot Captain Tsubasa

Pada akhirnya, Tsubasa tidak benar-benar berkarier di Amerika Serikat. Dia memperkuat Toronto FC yang berbasis di Kanada, meskipun tampil di MLS.

"Dengan berbagai hal yang ada dalam kepala saya, rasanya perlu waktu untuk menyadari fakta bahwa saya bergabung dengan Toronto FC, yang berarti pindah ke negara baru," ucapnya.

Tsubasa melakoni debut di MLS pada 6 Maret 2016, saat membawa Toronto menang 2-0 atas New York Red Bulls. Lalu, pada 7 Mei 2016, dia mencetak gol perdananya di MLS, yang membantu Toronto menekuk FC Dallas 1-0.

Situasi tak berjalan mulus di musim keduanya. Meski Toronto merebut treble, Tsubasa hanya mendapat empat kali kesempatan tampil di MLS. Dia pun harus turun kelas dengan membela tim kedua Toronto.

Pada 16 Januari 2019, Tsubasa kembali memperkuat tim utama Toronto. Dan pada 26 Juni 2019, pemain 26 tahun ini mencetak rekor gol tercepat sepanjang sejarah Toronto FC. Dia hanya butuh waktu 29 detik untuk membobol gawang Atlanta United dan membawa klubnya menang 3-2.

"Saya menjadi anak paling bahagia di dunia. Saya terjatuh, bekerja keras dan akhirnya mendapatkan hasilnya," kata Tsubasa.

Baca juga:
Lawan Mallorca, Real Madrid Pantau 'Captain Tsubasa'
7 Sosok 'Captain Tsubasa' di Dunia Nyata
Bosan dengan Messi, Miss Bumbum Goda Beckham dengan Pose Sensual?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya