Taklukkan Olympiakos, Wolves Tantang Sevilla

Pemain Wolverhampton merayakan gol
Sumber :
  • Twitter/@EuropaLeague

VIVA – Wolverhampton Wanderers berhasil mengunci tiket ke perempat final Liga Europa usai menumbangkan Olympiakos dengan skor 1-0 di Molineux Stadium, Jumat dini hari WIB, 7 Agustus 2020. Kemenangan ini membuat Wolves lolos dengan agregat 2-1.

Arsenal Menolak Menyerah

Butuh kemenangan untuk lolos lantaran di leg pertama bermain imbang 1-1, kedua tim langsung bermain agresif sejak awal. Wolves bahkan hampir menciptakan gol cepat di menit pertama andai tembakan Raul Jimenez tak melebar.

Keberuntungan ternyata berpihak pada Wolves setelah mereka dihadiahi penalti pada menit ketujuh. Bobby Allain melanggar Daniel Podence di kotak terlarang yang membuat wasit tak ragu menunjuk titik putih.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Jimenez yang jadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Wolves unggul 1-0 di menit kedelapan.

Menit 16, pasukan Nuno Espirito Santo kembali membobol gawang Olympiakos. Namun, gol itu dianulir.

5 Fakta Menarik Atalanta Usai Pulangkan Liverpool di Liga Europa

Setelahnya, tim tamu berbalik menguasai pertandingan. Olympiakos membombardir pertahanan Wolves dengan serangan bertubi-tubi.

Kondisi ini membuat permainan Wolves tak berkembang. Mereka lebih banyak berdiri di garis pertahanan.

Olympiakos sempat mencetak gol di menit 28 melalui upaya Mady Camara. Sayang, Youssef El-Arabi sebagai pengirim umpan sudah terlebih dulu terperangkap offside. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Wakil Yunani ini tanpa lelah menampilkan tempo tinggi demi mencari gol penyeimbang. Peluang nyata hadir di menit 67 dari kaki Youssef El-Arabi. Sial, bola masih melebar di sisi kanan gawang.

Peluang kembali hadir di menit 81. Koka lepas dari kawalan Conor Coady dan melepaskan tandukan terarah. Tapi, Rui Patricio secara heroik mampu menepis bola dan mengamankan gawangnya.

Olympiakos tetap tak mampu menyamakan kedudukan hingga laga bubar. Hasil ini membuat Wolves unggul 2-1 secara agregat dan akan menantang Sevilla di babak perempat final.

Basel Gulung Frankfurt

Basel jadi klub terakhir yang merebut tiket lolos ke babak perempat final Liga Europa usai menghajar Eintracht Frankfurt di St. Jakob-Park, Jumat dini hari WIB, 7 Agustus 2020. Skor akhir 1-0 di laga ini membuat Basel lolos dengan agregat 4-0.

Pemain Basel merayakan gol

Memegang keunggulan tiga gol membuat Basel tampil tanpa beban di laga ini. Mereka meladeni permainan Frankfurt dengan tenang.

Di sisi lain, Frankfurt berusaha keras untuk mencuri gol demi menjaga asa untuk lolos. Sayangnya, meski menguasai 67 persen bola, tapi gol tak kunjung hadir.

Peluang pertama Frankfurt didapat di menit 20. Martin Hinteregger menanduk bola hasil umpan tendangan bebas namun masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Tujuh menit berselang, kiper Frankfurt, Kevin Trapp, melakukan penyelamatan penting. Dia menghalau bola dari sudut sempit dengan kakinya.

Setelah berusaha mati-matian menjaga gawangnya, akhirnya Trapp tak bisa membendung lagi serangan yang dilakukan oleh Basel. Fabian Frei melewati tiga bek sebelum menaklukkan Trapp di menit 88.

Wasit tak memberikan waktu tambahan yang panjang. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini memastikan Basel akan mengadapi Shakhtar Donetsk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya