Bayern Munich dan Nasib Sialnya di Final Liga Champions

Para pemain Bayern Munich rayakan gol.
Sumber :
  • Twitter/@FCBayern

VIVA – Bayern Munich bertemu Paris Saint-Germain di laga final Liga Champions 2019/20. Laga ini berlangsung di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Senin dini hari WIB, 24 Agustus 2020.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Ini merupakan final pertama PSG sepanjang sejarah. Sedangkan Bayern sebelumnya sudah 10 kali menembus final Liga Champions.

Namun, rasio kemenangan Bayern di final ternyata hanya 50 persen. FC Hollywood lima kali keluar sebagai juara dan sisanya harus puas menjadi runner up.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Ada fakta menarik yang bisa menguntungkan PSG di final nanti. Ternyata, Bayern seringkali membuat tim lawan merasakan gelar perdana di Liga Champions.

Kejadian pertama berlangsung di musim 1981/82. Saat itu, Bayern sudah mengoleksi tiga gelar Liga Champions. Di luar dugaan, mereka malah kalah 0-1 dari Aston Villa, yang akhirnya keluar sebagai juara baru.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Fenomena serupa terjadi di musim 1986/87. FC Porto mengangkat trofi Si Kuping Besar untuk kali pertama, usai menang 2-1 atas Bayern di partai puncak.

Ashley Cole saat membawa Chelsea juara Liga Champions 2011/2012

Di musim 2011/12, giliran Chelsea yang merasakan gelar perdana usai menekuk Bayern di final. Saat itu, final sebenarnya dihelat di markas Bayern, Allianz Arena. Secara mengejutkan, The Blues menang 4-3 (1-1) lewat adu penalti.

Kejadian yang dialami Chelsea sedikit berbeda dengan Aston Villa dan Porto. Laga melawan Bayern menjadi final kedua setelah sempat dikalahkan Manchester United 5-6 (1-1) lewat adu penalti di musim 2007/08.

Baca juga:

PSG Dihantui Rekor Buruk Tim Prancis di Final Liga Champions

Jadwal Siaran Langsung Final Liga Champions, PSG Tantang Bayern Munich

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya