5 Tim Terbaik di Liga Champions Sepanjang Masa

Pemain Bayern Munich mengangkat trofi Liga Champions.
Sumber :
  • twitter.com/ChampionsLeague

VIVA – Kompetisi tertinggi di benua Eropa, Liga Champions baru saja berakhir untuk musim 2019/2020. Bayern Munich menjadi juara setelah mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG) 1-0, Senin, 24 Agustus 2020 lalu. 

Prediksi Premier League: Liverpool vs Brighton

Trofi tersebut merupakan yang keenam kalinya bagi Bayern di ajang Liga Champions. Sedangkan bagi PSG mereka harus bersabar lagi untuk bisa mengangkat trofi Liga Champions pertama mereka. 

Selain itu, bagi Bayern ini juga merupakan trbele winners kedua bagi mereka. Tahun 2013, Bayern pernah meraihnya. 

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Kemudian di musim 2019/2020 ini mereka mengulanginya lagi dengan meraih gelar Bundesliga, DFB Pokal dan Liga Champions. 

Berikut lima tim terbaik di Liga Champions sepanjang masa dikutip dari Sportkeeda:

Andai Tak Ada Championship Series, Borneo FC Sudah Juara Liga 1 Musim Ini

1 Ajax Amsterdam 1994/1995: Saat itu Ajax dihuni oleh banyak pemain dari akademi mereka. Pada laga final, Ajax bertemu dengan tim kuat AC Milan. 

Saat itu, Ajax dihuni oleh Patrick Kluivert, Edwin Van Der Sar, Jari Litmane dan juga Clarence Seedorf. Pelatih Ajax saat itu adalah Louis Van Gaal. 

Saat itu Ajax melawan pemain bintang seperti Franci Baresi dan Paolo Maldini. Di mana pelatih Milan saat itu adalah Fabio Capello. 

Ajax berhasil mengalahkan Milan dengan 1-0, di mana Kluivert yang mencetak gol pada menit ke 85. Tidak hanya mencetak gol kemenangan saja, Kluivert kemudian menjadi pencetak gol termuda di laga final Liga Champions. 

2. Bayern Munich (2019/2020): Tim asal Jerman ini pada awal musim bermain kurang bagus di Bundesliga. Bahkan mereka kalah telak 5-1 dari Eintracht Frankfurt.

Bayern kemudian mengganti pelatihnya dari Niko Kovac ke Hans-Dieter FLick. Seiring pergantian pelatih, penampilan mereka semakin baik. 

Bahkan Bayern pada Liga Champions musim 2019/2020 ini tidak terkalahkan. Atau dari 11 pertandingan yang dimainkan, mereka berhasil menang 100 persen. 

Salah satu kemenangan paling fenomenal adalah saat membantai Barcelona 8-2 di perempatfinal.  

Musim 2019/2020 ini sekaligus untuk kedua kalinya Bayern meraih treble winners setelah sebelumnya terjadi pada tahun 2013 lalu.

3. AC Milan (2006/2007): Saat itu Milan dihuni oleh pemain-pemain hebat seperti, Paolo Maldini, Andrea Pirlo, Kaka, Filippo Inzaghi. di final Liga Champions musim 2006/2007 tersebut mereka menang atas Liverpool 2-1. 

Kemenangan itu juga sekaligus sebagai ajang balam dendam Milan. Sebab pada final Liga Champions 2005, Milan dikalahkan Liverpool melalui drama adu penalti. 

Perjalanan Milan di Liga Champions musim 2006/2007 cukup menyakinkan. Mereka mengalahkan Manchester United 5-3 di semifinal dan Kaka kala itu mencetak hattrick. 

4. Real Madrid (2017/2018): Madrid ketika itu tidak hanya sukses jadi juara Liga Champions, namun mereka menjadi tim pertama yang berhasil mempertahankan trofi tersebut di era UCL. 

Di musim tersebut, tidak ada yang mengira Madrid akan sukses di kompetisi Eropa. Sebab, di LaLiga mereka gagal juara dan tertinggal 16 poin dari Barcelona yang meraih gelar LaLiga.

Pada laga final musim itu, Los Blancos mengalahkan Liverpool 3-1. Sekaligus itu menjadi Piala Liga Champions ke 13 bagi Madrid. 

5. Barcelona (2008/2009): Di musim tersebut Barcelona berhasil mencatatkan treble winners (juara LaLiga, Copa del Rey dan Liga Champions). Bintang Barcelona Lionel Messi mencetak sembilan gol dalam 12 pertandingan di Liga Champions. 

Di Liga Champions musim tersebut, Barcelona berhasil mengalahkan Bayern Munich, Olympique Lyon dan Chelsea. Pada laga final yang berlangsung di Roma, Barcelona mengalah Manchester United 2-0 di Stadion Olimpico, Roma. 

Tidak hanya itu saja, gelar Liga Champions tersebut yang pertama bagi Pep Guardiola sebagai pelatih. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya