5 Transfer Pemain yang Mengubah Sejarah Sepakbola

Striker Paris Saint-Germain, Neymar usai bobol gawang Borussia Dortmund
Sumber :
  • twitter.com/ChampionsLeague

VIVA – Bursa transfer dalam sepakbola selalu menjadi peranan penting untuk menunjukkan masa depan sebuah klub. Tidak heran, beberapa klub pun rela mengeluarkan uang hingga triliunan rupiah demi mendatangkan pemain yang mereka incar. 

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Meski tidak semua transfer yang dilakukan oleh sebuah klub berhasil. Beberapa di antaranya malah menjadikan bencana bagi klub itu sendiri. 

Tidak heran pula dalam sebuah transfer pemain dapat memecahkan rekor. Sebut saja salah satunya adalah transfer dari Virgil van Dijk. 

Buang Kutukan 0 Trofi, Harry Kane Harus Bawa Bayern Munich Juara Liga Champions

Ia sampai sekarang merupakan salah satu bek termahal di dunia. Liverpool mendatangkan Van Dijk dengan nilai transfer £75 juta (sekitar Rp1,4 triliun). 

Berikut lima transfer pemain sepakbola yang mampu mengubah sejarah sepakbola dikutip dari Sportkeeda:

Kata Guardiola Usai Manchester City Disingkirkan Real Madrid

1. Neymar: Tahun 2017, Paris Saint-Germain mendatangkan Neymar dengan nilai transfer €222 juta (sekitar RP3,6 triliun) dari Barcelona. Dampak dari pembelian Neymar tersebut adalah, klub-klub sepakbola mulai mematok harga yang tinggi untuk pemain mereka. Sampai saat ini pun Neymar masin menjadi pemain termahal di dunia. 

2. Luis Figo: Pemain asal Portugal ini didatangkan Real Madrid dari Barcelona, di mana kedua klub tersebut adalah rival abadi. Madrid mendatangkan Figo dengan nilai transfer mencapai €62 juta (sekitar Rp1 triliun). 

Kedatangan Figo tersebut sekaligus membuat era Los Galacticos dimulai di Madrid. Setelah itu, pemain bintang seperti Zindine Zidane, Ronaldo Nazario, David Beckham dan yang lainnya tiba di Santiago Bernabeu. 

Luis Figo saat membela Real Madrid.

3. Ronaldinho: Barcelona mendatangkan Ronaldinho setahun setelah ia meraih gelar Piala Dunia 2002. Ketika itu nilai transfer Ronaldinho mencapai €30 juta (sekitar Rp520 miliar). Sejak Ronaldinho datang, Barcelona pun berubah. 

Mereka berhasil meraih gelar LaLiga dua kali berturut-turut. Kemudian mengakhiri penantian selama 14 tahun untuk menjadi juara di Liga Champions. Tahun 2005, Ronaldinho pun meraih gelar Ballon d'Or.

4. Eric Cantona: Manchester United mendatangkan Eric Cantona pada 1992 dari Leeds United. Saat itu, MU harus membayar £1,2 juta (sekitar Rp20 miliar) kepada Leeds. 

Kedatangan Cantona pun berhasil membawa MU meraih trofi Premier League mereka untuk pertama kali setelah 30 tahun. Cantona pun akhirnya memenangkan empat gelar Premier League, dua gelar Piala FA dalam lima tahun bersama MU. Ia juga berhasil mencetak 64 gol dalam 143 penampilan. 

5. Alfredo Di Stefano: Real Madrid mendatangkan Alfredo Di Stefano pada 1953 dari klub Kolombia Millonarios Ketika itu, Madrid juga berhasil menyingkirkan Barcelona yang juga ingin mendapatkan Di Stefano. 

Di Stefano kemudian menjadi legenda di Madrid dengan meraih delapan gelar LaLiga, lima kali trofi Liga Champions berturut-turut. Di Stefano juga meraih gelar Ballon d'Or dan mencetak 300 gol selama 11 tahun di Madrid.

Baca juga:

Cheslea Resmi Datangkan Bek Leicester City

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya