5 Jersey Terburuk, Ada Barcelona dan Manchester United

Pemain Barcelona rayakan gol Lionel Messi
Sumber :

VIVA – Jersey sepakbola biasanya dibuat untuk memperlihatkan identitas sebuah klub. Bahkan tidak jarang para perusahaan apparel pun memberikan desain yang bagus-bagus untuk klub tersebut. 

Erik Ten Hag Bongkar Penyebab Antony Ledek Pemain Coventry City

Hal itu supaya para penggemarnya mau membeli. Jika jersey mereka laku, maka secara tidak langsung akan membantu keuangan klub. 

Biasanya sebuah klub tidak hanya mengeluarkan satu jersey saja, namun bisa mencapai tiga. Mereka akan membuat jersey kandang, tandang dan alternatif. 

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

Berikut ini 5 jersey terburuk versi ESPN:

1. Jersey tandang Colorado Caribous 1978: Klub ini hanya satu musim bermain di kompetisi NASL. Tetapi mereka memiliki warisan yang sampai sekarang akan diingat selalu. 

Pemain MU yang Tak Diinginkan Jose Mourinho Masih Ada Sampai Sekarang

Jersey kandang dan tandang mereka sangat aneh. Yaitu terdiri dari skema warna putih, hitam dan cokelat, dengan menampilkan pinggiran imitasi kulit berumbai di dada dan punggung. Jersey ini seperti peternakan. Ya karena memang pemiliknya adalah pemilik peternakan di Caribou. 

2. Jersey tandang Manchester United 1992: Warna abu-abu tersebut dinilai cukup jelek. Terlihat seperti sebuah karpet yang berada di kantor regional perusahaan asuransi. 

Saat menghadapi Southampton, MU kalah 0-3 di babak pertama. Di babak kedua, MU kemudian mengganti seragam mereka dengan biru-putih, dan berhasil mencetak 1 gol. Meski MU tetap kalah 1-3.

Alasan manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson untuk menggantinya jersey di babak kedua adalah, para pemain MU terganggu dan sulit untuk berkonsentrasi.

3. Jersey kandang Athletic Bilbao 2004: Jersey ini didesain oleh Dario Urzay untuk memperingati klub tersebut kembali berkompetisi di Eropa. Ia membuat jersey tersebut terinspirasi dari Museum Guggenheim Bilbao. 

Jersey aneh tersebut kemudian hanya di pakai saat pramusim 2004 saja. Saat mengarungi kompetisi, mereka berganti jersey. 

4. Jersey tandang Glasgow Celtic 1991/1992: Jersey yang didominasi warna hijau ini cukup aneh. Baju ini bahkan membawa sial bagi Celtic yang kemudian hanya finish di peringkat tiga klasemen Liga Premier Skotlandia. 

Mereka juga tersingkir di semifinal Piala Skotlandia dan di Piala UEFA oleh klub kecil di Swiss, Neuchatel Xamax. Sampai sekarang para penggemar Celtic masih membenci jersey tersebut. 

5. Jersey tandang Barcelona 2012/2013: Perusahaan apparel ternama meluncurkan jersey tandang dengan warna gradasi orange dan kuning. Para fans kemudian menyebutnya ini seperti desainer jersey tersebut terlalu lama melihat coktail saat berlibur atau mungkin semangku salad penuh saat sarapan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya