Gara-gara Mancini Tidak Pakai Kacamata, Italia Salah Turunkan Starter

Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini
Sumber :
  • Uefa.com

VIVA – Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini, mengaku, bingung mengapa Giorgio Chiellini tidak menjadi starter saat skuadnya menghadapi Bosnia-Herzegovina dalam duel UEFA Nations League, Sabtu 5 September 2020, dini hari WIB. Ternyata, Mancini salah turunkan starter karena tidak pakai kacamata.

FIFA Matchday Maret 2022: PSSI Komunikasi dengan Bosnia dan Slovakia

Dalam pertandingan yang berlangsung di Artemio Franchi, Firenze, tersebut, Italia harus puas ditahan imbang 1-1 oleh Bosnia-Herzegovina. Tim tamu unggul lebih dulu lewat Edin Dzeko pada menit 57 sebelum Stefano Sensi menyamakan kedudukan pada menit 67.

Baca Juga: Italia dan Bosnia Berbagi Angka di UEFA Nations League

Mancini Ungkap Alasan Panggil Kembali Balotelli ke Timnas Italia

Di awal laga, Mancini sempat kebingungan karena muncul nama Francesco Acerbi di dalam susunan pemain. Padahal, yang ingin dia turunkan sejak awal pertandingan adalah Chiellini.

Mancini kemudian baru sadar dirinya salah menentukan pilihan di posisi bek tengah sesaat sebelum laga dimulai. Kesalahan tersebut terjadi karena mantan pelatih Inter Milan itu tidak memakai kacamata saat melihat starter yang ia berikan ke perangkat pertandingan.

Cerita Takhayul Timnas Italia di EURO 2020 Dibongkar

Setelah mengetahui kesalahan tersebut, pihak Federasi Sepakbola Italia (FIGC) mencoba menghubungi UEFA agar Chiellini bisa turun sebagai starter. Akan tetapi, perubahan susunan pemain tak bisa dilakukan kecuali Acerbi mengalami cedera.

Mancini pun mengakui kekeliruannya tersebut. Dia tampaknya salah memasang starter yang semestinya digunakan Italia pada laga lawan Bosnia-Herzegovina.

Baca Juga: Belanda Susah Payah Tundukkan Polandia

"Itu salah saya. Mereka menunjukkan susunan pemain, saya tidak memakai kacamata dan saya mengatakan tak masalah. Saya tidak melihat ada nama Acerbi di sama dan buka Chiellini," kata Mancini, seperti dikutip Football-Italia, Sabtu 5 September 2020.

"Kami awalnya merencanakan Acerbi untuk bermain di satu pertandingan dan Chiellini di laga yang lainnya. Saya telah bertanya kepada Chiellini apakah dia ingin bermain hari ini atau Senin saat menghadapi Belanda, dan dia berkata hari, tetapi sekarang dia harus menukarnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya