Ronald Koeman Masih Pantau Perkembangan Timnas Belanda

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman
Sumber :
  • twitter.com/RonaldKoeman

VIVA – Meski sudah resmi menjadi pelatih Barcelona, Ronald Koeman tetap menyempatkan diri untuk memantau perkembangan tim nasional Belanda. Hal tersebut diketahui setelah Belanda menang 1-0 atas Polandia dalam duel UEFA Nations League, Sabtu dini hari WIB, 5 September 2020.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Koeman sudah tidak lagi menjadi pelatih timnas Belanda sekitar tiga pekan lalu, menyusul dirinya dikontrak oleh Barcelona. Keputusan Koeman menerima tawaran El Barca sebenarnya agak mengejutkan lantaran performanya sedang menanjak bersama De Oranje.

Koeman berhasil mengantarkan timnas Belanda melaju ke final UEFA Nations League 2019 sebelum takluk dari Portugal. Sayangnya, dalam klausul kontrak dengan Federasi Sepakbola Belanda (KNVB), Koeman diperbolehkan pergi jika Barcelona meminangnya.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Kepergian Koeman secara mendadak membuat timnas Belanda dalam kondisi yang kurang ideal pada UEFA Nations League 2020. De Oranje pun kini ditangani oleh pelatih ad interim, Dwight Lodeweges, yang sebelumnya menjabat sebagai asisten Koeman.

Lodeweges berhasil melewati rintangan perdananya setelah menang tipis atas Polandia di Johan Cruijff Arena. Belanda yang tampil agresif dengan skuad muda sukses mengungguli Polandia melalui gol semata wayang Steve Bergwijn pada menit ke-61.

Real Madrid Vs Barcelona Seperti Final LaLiga

Performa tersebut dianggap oleh Koeman sudah memuaskan, terutama pada babak kedua. Lodeweges menyampaikan, bahwa Koeman akan menyempatkan diri memantau perkembangan timnas Belanda meski sedang sedang sibuk mempersiapkan skuad Barcelona jelang musim baru.

"Ronald memberi ucapan selamat selepas pertandingan dan dia terkesan dengan penampilan bagus kami di babak kedua. Saya pun sepakat dengannya karena babak pertama kami tidak bermain bagus," ujar Lodeweges, kepada NOS, Sabtu 5 September 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya