Ali Daei, Raja Gol Internasional yang Pernah Bikin Chelsea Menangis

Mantan bomber Timnas Iran, Ali Daei.
Sumber :
  • www.instagram.com/alidaei

VIVA – Nama mantan bomber Timnas Iran, Ali Daei, tengah disebut-sebut belakangan ini. Itu karena rekor golnya di kancah internasional terancam disalip bomber Portugal, Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo Kartu Merah, Al Nassr Dibekuk Al Hilal

Ronaldo sudah mencatat 101 gol bersama Portugal usai membawa negaranya menang 2-0 atas Swedia di UEFA Nations League. Bomber Juventus tersebut tertinggal delapan gol dari Daei yang mencatat 109 gol bersama Iran.

(Baca juga: Tembus Rekor 100, Ronaldo Mulai Incar Status Raja Gol Internasional)

Alasan Pochettino Mengapa Suporter Chelsea Mesti Sabar

Hingga kini, Daei tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di kancah internasional. Dia mencetak 109 gol dari 149 pertandungan bersama Iran pada 1993 hingga 2006.

Saat masih aktif bermain, Daei bukan pemain sembarangan. Dia sempat berkarier di Eropa, tepatnya di Bundesliga bersama Arminia Bielefeld, Bayern Munich dan Hertha Berlin. 

Karim Benzema Menderita di Arab Saudi, Tolong Saya!

Daei menjadi pemain Asia pertama yang tampil di Liga Champions Eropa saat memperkuat Bayern di musim 1998/99. Dia membawa Die Roten menjuarai Bundesliga, DFB-Ligapokal dan menjadi runner up Liga Champions.

Namun, catatan tersebut tak membuat Daei bahagia di Bayern. Jarang bermain membuatnya memilih untuk hengkang ke Hertha Berlin di musim 1999/00.

Bersama Hertha, Daei benar-benar menunjukkan sinarnya. Dia mampu membuat tim sekelas Chelsea menangis di penyisihan grup Liga Champions. Daei sukses mencetak dua gol dalam pertemuan kontra The Blues.

Pada 21 September 1999, Hertha sukses menekuk Chelsea 2-1 di Olympiastadion, Berlin. Daei mencetak dua gol di menit 2 dan 69. Sedangkan Chelsea hanya bisa membalas lewat lesakkan Frank Leboeuf di menit 86 lewat titik penalti.

"Hertha terorganisir dengan sangat baik dan bertarung dengan berani. Kami terlalu pasif di babak pertama dan terlambat bangkit. Seharusnya, kami bisa menekan mereka sejak awal tapi kami tak melakukannya," kata manajer Chelsea saat itu, Gianluca Vialli dilansir BBC.

Sihir Daei di Liga Champions tak berhenti sampai di situ. Pada 28 September 1999, golnya membuat Hertha mengimbangi AC Milan 1-1 di San Siro.

Daei mencetak gol Hertha di menit 69. Olivier Bierhoff membuat Rossoneri menyamakan kedudukan di menit 74.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya