Jerman Menang Tipis di Kandang Ukraina

Skuad Timnas Jerman.
Sumber :
  • Twitter/@EURO2020

VIVA – Tim nasional Jerman menantang Ukraina dalam matchday ketiga Grup A4 UEFA Nations League 2020/2021, di Stadion Olimpiade Kiev, Minggu 11 Oktober 2020, dini hari WIB. Dalam duel tersebut, Jerman sukses mempermalukan Ukraina dengan skor 2-1.

Lengkap! Daftar 24 Tim Peserta dan Hasil Drawing EURO 2024

Meski berstatus sebagai tim tamu, Jerman tampil menyerang sejak awal laga. Sedangkan Ukraina sedikit kerepotan dalam membendung aliran serangan kilat yang dibangun skuad Die Mannschaft.

Pertandingan baru berjalan lima menit, Jerman sudah memiliki peluang emas. Sayangnya, sepakan Serge Gnabry masih terlalu lemah bagi kiper Ukraina, Georgi Bushchan.

Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

Serangan Jerman baru membuahkan hasil manis pada menit ke-20. Kerja sama Niklas Suele dan Antonio Ruediger di dalam kotak penalti Ukraina usai menerima sepak pojok Joshua Kimmich sukses diakhiri dengan gol Matthias Ginter.

Menit 31, penetrasi dari Joshua Kimmich nyaris saja mengantarkan Jerman menggandakan keunggulan. Akan tetapi, tendangan keras yang dilepaskan pemain Bayern Munich itu masih bisa diblok dengan sempurna oleh Georgi Bushchan.

Respons Timnas Italia Atas Pernyataan Sengit Mhykailo Mudryk

Di pengujung babak pertama, tepatnya menit ke-43, Toni Kroos memperoleh kesempatan untuk mencetak setelah menerima umpan Julian Draxler. Sayangnya, sepakan Kross yang dilepaskan dengan kaki kiri masih melenceng tipis dari sasaran.

Hingga peluit panjang tanda turun minum dibunyikan, tak lagi peluang dan gol yang tercipta. Jerman mampu mengungguli tuan rumah Ukraina dengan skor sementara 1-0.

Selepas rehat, Jerman langsung tancap gas dalam melancarkan serangan. Sementara itu, Ukraina semakin kesulitan mengembangkan pola permainan karena dipaksa bertahan.

Babak kedua belum genap lima menit, atau tepatnya pada menit ke-49, Leon Goretzka berhasil membawa Jerman unggul 2-0 setelah tembakan kerasnya tak mampu diblok Buschan.

Menit ke-60, Ukraina sempat memiliki peluang untuk memperkecil kedudukan. Namun, sepakan Ruslan Malinovskiy masih belum menyulitkan penjaga gawang Jerman, Manuel Neuer.

Upaya Ukraina untuk memperkecil kedudukan akhirnya terwujud pada menit ke-76 setelah mendapatkan hadiah penalti. Malinovskiy yang bertindak sebagai algojo sukses menaklukkan Neuer.

Dalam waktu yang tersisa, kedua tim saling berbalas serangan. Akan tetapi, tak ada lagi gol tercipta, Jerman sukses mengunci kemenangan 2-1 atas Ukraina.

Atas kemenangan ini, Jerman naik ke peringkat dua klasemen sementara Grup A4 dengan perolehan 5 poin. Sedangkan, Ukraina harus turun ke urutan tiga dengan raihan 3 poin.

Susunan pemain

Ukraina: Georgi Bushchan (PG); Oleksandr Karavaev, Illia Zabarnyi, Vitalii Mykolenko, Eduard Sobol; Ruslan Malinovskiy, Serhiy Sydorchuk (Yevhen Makarenko 84'); Viktor Kovalenko (Mykola Shaparenko 77'), Andriy Yarmolenko (Marlos Bonfim 69'), Roman Yaremchuk; Viktor Tsygankov (Oleksandr Zubkov 69').

Jerman: Manuel Neuer (PG); Matthias Ginter, Niklas Suele, Antonio Ruediger; Lukas Klostermann (Emre Can 90'), Joshua Kimmich, Toni Kroos, Marcel Halstenberg; Leon Goretzka, Serge Gnabry (Kai Havertz 90'), Julian Draxler (Timo Werner 80').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya