Tanpa Ronaldo, Portugal Bantai Swedia di UEFA Nations League

Para pemain Timnas Portugal merayakan gol
Sumber :
  • Instagram/@portugal

VIVA – Tuan rumah Portugal berhasil meraih kemenangan meyakinkan saat menjamu Swedia di UEFA Nations League, meski tanpa diperkuat oleh mega bintang Crstiano Ronaldo. Bermain di Estadio Jose Alvalade, Kamis, 15 Oktober 2020, Portugal menang dengan skor 3-0 atas Swedia. 

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

Ronaldo tidak bisa bermain karena ia dinyatakan positif terpapar virus corona COVID-19. Ronaldo kini sedang menjalani isolasi di Italia. 

Pertandingan baru berjalan dua menit, Portugal sudah mengancam gawang dari Swedia. Tendangan kaki kanan dari Diogo Jota masih melebar di sisi kiri, ia memanfaatkan umpan dari William Carvalho. 

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Swedia giliran mendapatkan peluang pada menit 13. Tendangan kaki kanan dari Carl Mikael Lustig hanya menghasilkan tendangan sudut saja. 

Gol pertama bagi Portugal dicetak pada menit 21. Umpan dari Diogo Jota berhasil diselesaikan oleh Bernardo Silva dengan tendangan keras kaki kirinya. Bola kemudian bersarang di sisi kiri gawang Swedia. 

Hasil Lengkap: Timnas Israel Hancur Lebur, Portugal Hajar Swedia

Menit 35, Swedia mencoba untuk menyamakan kedudukan melalui Marcus Berg. Namun upayanya masih gagal karena tendangan memanfaatkan umpan dari Carl Mikael Lustig hanya menyamping di sisi kanan gawang Portugal. 

Babak pertama kurang dari satu menit, Portugal menambah gol menjadi 2-0. Kali ini umpan dari Joao Cancelo berhasil diselesaikan dengan apik oleh Diogo Jota. 

Timnas Swedia rayakan gol ke gawang Jerman

Baca juga: Ronaldo Positif COVID-19, Pelatih Portugal: Ini Kerugian Besar

Babak kedua baru berjalan tiga menit, Swedia sudah mengancam gawang Portugal. Sundulan dari Marcus Berg masih bisa diselamatkan oleh kiper Portugal, Rui Patricio. 

Rui Patricio, kiper Portugal berhasil kembali menggagalkan peluang dari Swedia. Ia berhasil menepis tendangan dari Viktor Claesson pada menit 55. 

Portugal semakin menjauh dengan skor 3-0, setelah Diogo Jota kembali membobol gawang Swedia yang dikawal oleh Robin Olsen pada menit 72. Tendangan kaki kanan dari Jota bersarang di sebalah kiri bawah dari gawang Swedia. 

Lagi-lagi peluang milik Swedia kandas oleh kiper Portugal, Rui Patricio di menit 84. Sundulan dari Alexander Isak berhasil ditepis oleh Rui Patricio dan hanya menghasilkan tendangan sudut saja. 

Tidak ada gol tambahan lagi hingga wasit meniup peluit panjang. Portugal berhasil meraih kemenangan 3-0. 

Sementara itu, tuan rumah Kroasia takluk dari tim tamu Prancis. Bermain di Stadion Maksimir, Kroasi kalah 1-2 dari Prancis. 

Prancis unggul lebih dahulu pada menit delapan lewat Antoine Griezmann. Menit 57, Kroasia membalas menjadi 1-1 melalui gol Nikola Vlasic. 

Kylian Mbappe memastikan kemenangan dari Prancis pada menit 79. 

Portugal dan Prancis pun sama-sama mengoleksi 10 poin dari empat laga. Di mana Portugal memimpin klasemen di League A Grup 3. 

Sedangkan Kroasia memiliki tiga poin berada di posisi tiga. Sedangkan juru kunci dipegang oleh Swedia dengan 0 poin. 

Susunan pemain:

Portugal: Rui Patricio; Joao Cancelo, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; William Carvalho (Joao Moutinho 80'), Bruno Fernandes (Renato Sanches 88'), Danilo Pereira; Diego Jota (Rafa Silva 88'), Joao Felix (Daniel Podence 75'), Bernardo Silva (Andre Silva 75')

Swedia: Robin Olsen; Pierre Bengtsson, Victor Nilsson Lindeloef, Pontus Jansson, Carl Mikael Lustig (Mattias Johansson 54'); Viktor Claesson, Albin Ekdal, Kristoffer Olsson, Dejan Kulusevski (Sebastian Larsson 88'); Robin Quaison (Alexander Isak 62'), Marcus Berg (Martin Olsson 88')

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya