Sialnya Islandia, 2 Kali Terdegradasi dari Liga A UEFA Nations League

Pemain Islandia rayakan gol Gylfi Sigurdsson.
Sumber :
  • instagram.com/footballiceland/

VIVA –  Adanya promosi dan degradasi membuat persaingan di UEFA Nations League menjadi menarik. Empat tim dari Liga A bakal terdegradasi ke Liga B di edisi selanjutnya.

Lawan Italia, Belgia Tanpa Romelu Lukaku dan Eden Hazard

Islandia menjadi tim pertama yang harus terdegradasi dari Liga A 2020/21. Ini dipastikan usai tim berjuluk Our Boys ini takluk 1-2 dari Belgia di Laugardalsvollur, 14 Oktober 2020.

Islandia terbenam di dasar klasemen Grup 2 tanpa poin, usai mengalami empat kekalahan. Dengan dua laga tersisa, mereka sudah tak bisa mengejar Inggris dan Denmark (7 poin).

Jadwal Siaran Langsung Spanyol Vs Prancis di Final UEFA Nations League

(Baca juga: Klasemen Nations League: Kejutan Polandia, Portugal-Prancis Membara)

Hal ini memunculkan fenomena tersendiri. Islandia harus dua kali beruntun terdegradasi dari Liga A ke Liga B.

Luis Enrique Minta Spanyol Main Santai di Final UEFA Nations League

Di musim 2018/19, Islandia terbenam di dasar klasemen Grup 2. Mereka tak memiliki poin usai kalah dalam empat laga yang juga diisi Swiss dan Belgia.

Beruntung, UEFA mengubah format untuk musim 2020/21. Islandia batal terdegradasi dan tetap tampil di Liga A. Hal ini juga dirasakan Jerman, Polandia, dan Kroasia yang juga seharusnya turun kasta. Namun, ternyata Islandia kembali harus degradasi.

(Baca juga: Sempat Terdegradasi, Kok Jerman Masih Ada di Liga A Nations League?)

Terkait hal ini, Federasi Sepakbola Islandia tetap memilih fokus. Sebab, mereka akan melakoni laga playoff Piala Eropa melawan Hungaria, November 2020. Kemenangan dalam laga ini akan mengantarkan Islandia ke Piala Eropa 2020.

"Performa bagus vs Belgia meski kalah 1-2. Pertandingan November mendatang: final playoff Piala Eropa vs Hungaria lalu dua laga Nations League vs Denmark dan Inggris," tulis Instagram Islandia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya