7 Fakta Menarik Jelang Laga Seru Ajax Vs Liverpool

Pemain Liverpool tertunduk lesu usai dibantai Aston Villa
Sumber :
  • Skysport

VIVA – Ajax Amsterdam akan menjamu Liverpool pada matchday pertama Grup D Liga Champions 2020/2021, Kamis 22 Oktober 2020, dini hari WIB. Laga ini bakal berlangsung di Johan Cruijff Arena.

Prediksi Liga Champions: Bayern Munich vs Arsenal

Terakhir kali Ajax dan Liverpool bertemu pada babak 16 besar Piala Champions 1966/1967. Ajax menang telak 5-1 di Belanda, kemudian imbang 2-2 di Anfield, dan berhasil menyingkirkan Liverpool dengan agregat 7-3.

Baca Juga: Hasil Lengkap Pertandingan Liga Champions 21 Oktober 2020

5 Fakta Menarik Jelang Duel Barcelona vs PSG di Liga Champions

Musim lalu, kiprah Ajax di Liga Champions hanya mentok di fase grup. De Joden finis di peringkat ketiga dengan 10 poin, kalah dari Valencia dan Chelsea yang mengoleksi 11 poin. Kemudian, mereka kalah 2-3 secara agregat dari Getafe di babak 32 besar Liga Europa.

Para pemain Ajax Amsterdam merayakan kemenangan atas Valencia

Prediksi Liga Champions: Manchester City vs Real Madrid

Sementara itu, Liverpool yang berstatus sebagai juara bertahan musim sebelumnya berhasil menjadi juara grup. Namun, mereka dipastikan gagal mempertahankan gelar setelah disingkirkan Atletico Madrid di babak 16 besar.

Sebelum menyaksikan duel seru antara Ajax vs Liverpool, berikut 7 fakta menariknya, seperti dilansir Sky Sports:

1. Ajax dan Liverpool akan bertemu untuk pertama kalinya sejak Piala Champions 1966/67. Di pertemuan terakhir mereka, Ajax menang telah 5-1 di Belanda, kemudian imbang 2-2 di Anfield, dan berhasil menyingkirkan Liverpool dengan agregat 7-3.

2. Sejak kalah 1-5 melawan Ajax pada Desember 1966, Liverpool tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan mereka melawan lawan klub asal Belanda di kompetisi Eropa dengan catatan 8 menang, dan 5 imbang.

3. Ajax hanya memenangkan satu dari enam pertandingan sebelumnya melawan lawan tim Inggris di kompetisi Eropa, sisanya 2 imbang, dan 3 kalah. Terakhir kali Ajax menang atas tim Inggris terjadi pada leg pertama semifinal Liga Champions 2018/2019, ketika mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0.

4. Ini akan menjadi pertandingan tandang pertama Liverpool melawan tim asal Belanda sejak September 2010. Terakhir kali main di Belanda, The Reds ditahan imbang 0-0 FC Utrecht di babak ajang Liga Europa 2010/2011.

5. Liverpool tidak terkalahkan dalam enam tandang terakhir mereka ketika menghadapi tim Belanda dengan catatan 3 menang dan 3 imbang. Mereka pun mampu mencatatkan clean sheet di empat pertandingan terakhir di Belanda.

6. Ajax hanya memenangkan satu dari tujuh pertandingan kandang terakhir mereka di Liga Champions, sisanya 2 imbang dan 4 kalah. Bahkan, dua kekalahan terakhir dalam periode itu terjadi saat melawan klub Inggris, yakni Tottenham pada Mei 2019 dan Chelsea pada Oktober 2019.

7. Liverpool telah mengalami dua kekalahan beruntung dalam dua pertandingan terakhir mereka di Liga Champions. Namun, mereka belum pernah mengalami tiga kekalahan beruntun di Liga Champions sejak Oktober-November 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya