7 Fakta Luar Biasa Liverpool Jelang Tandang ke Markas Ajax

Virgil van Dijk bersama pemain Liverpool lainnya saat selebrasi gol
Sumber :
  • twitter.com/LFC

VIVA – Liverpool akan memulai perjalanannya di Liga Champions musim ini dengan bertandang ke markas Ajax Amsterdam di Johan Cruyff Arena, Kamis dini hari WIB, 22 Oktober 2020. Laga ini akan jadi duel dua tim peraih trofi Liga Champions terbanyak di negara masing-masing.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Jelang duel ini, Liverpool jelas lebih diunggulkan. Bagaimana tidak, komposisi pemain yang dimiliki kedua tim cukup timpang.

Liverpool arahan Juergen Klopp memiliki sederet pemain berkualitas di segala lini. Sementara, Ajax lebih mengedepankan pemain muda berbakat asal akademi sendiri.

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

Kendati demikian, Ajax bukan tak bisa menyengat. Terlebih, mereka akan bermain di kandang sendiri. Pada lima laga terakhirnya, Ajax hanya sekali kalah dan tiga kemenangan yang mereka dapatkan hadir ketika merumput di kandang.

Sementara, The Reds sedang dalam tren negatif setelah tak merasakan kemenangan dalam tiga laga terakhirnya. Selain itu, bek andalannya, Virgil van Dijk juga absen lantaran dibekap cedera.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

Meski begitu, Liverpool tetap bisa tampil superior mengingat trio penyerangnya, Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino, dipastikan bisa tampil. The Reds juga didukung oleh rekor pertemuan yang jauh lebih baik.

Berikut fakta luar biasa Liverpool jelang duel kontra Ajax, dikutip Sky Sports dan Opta:

1. Ajax dan Liverpool akan bertemu untuk pertama kalinya di kompetisi Eropa sejak Piala Eropa 1966/67 di mana The Reds tereliminasi dengan agregat 3-7 di babak 16 besar.

2. Sejak kalah 1-5 dari Ajax di Desember 1966, Liverpool tak terkalahkan dalam 13 laga kontra wakil Belanda di kompetisi Eropa.

3. Ajax hanya menang sekali dari enam laga terakhirnya kontra wakil Inggris di kompetisi Eropa.

4. Ini adalah laga tandang pertama Liverpool melawan tim asal Belanda sejak September 2010. Kala itu, The Reds imbang tanpa gol kontra Utrecht di Liga Europa.

5. Liverpool juga memiliki rekor apik ketika menjalani laga tandang versus wakil Belanda. Di mana mereka tak terkalahkan dalam enam laga dan menjaga clean sheet pada empat laga di antaranya.

6. Meski tampil di kandang, Ajax justru memiliki rekam jejak buruk. Ajax hanya menang sekali dari tujuh laga kandang terakhirnya di Liga Champions. Yang mana dua kekalahan di antaranya hadir dari tim asal Inggris.

7. Liverpool menderita kekalahan beruntun pada dua laga terakhirnya di Liga Champions musim lalu. The Reds tak pernah merasakan tiga kekalahan beruntun pada kompetisi ini sejak 2014 silam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya