Makedonia Utara, Timnas Indonesia U-19 dan Sejarah Baru di Piala Eropa

Pemain Makedonia Utara menggila usai lolos ke Piala Eropa 2020
Sumber :
  • twitter.com/EURO2020

VIVA – Sejarah berhasil diciptakan Timnas Makedonia Utara di Piala Eropa 2020. Untuk kali pertama, negara pecahan Yugoslavia ini berhasil menembus putaran final turnamen antarnegara paling bergengsi di Benua Biru.

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Makedonia Utara sukses menekuk Georgia 1-0 dalam laga playoff di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi. Gol tunggal mantan bintang Inter Milan, Goran Pandev di menit 56 membawa Makedonia melaju ke Piala Eropa.

Mendengar Makedonia Utara, netizen Indonesia sepertinya tak asing. Sebab, Makedonia Utara U-19 sempat menjadi lawan Timnas Indonesia U-19 dalam laga uji coba di Kroasia beberapa waktu lalu.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB
Situasi Makin Gawat, Israel Targetkan Serang Wilayah Nuklir Iran di Kota Isfahan

Di akun Instagram VIVAbola, ada netizen yang bertanya, "Itu Makedonia Utara negara yang lawan Indonesia U-19 bukan?"

Jawabannya, tentu saja ini sama-sama Makedonia Utara, tapi tim yang berbeda. Tim yang melangkah ke Piala Eropa adalah tim senior. Sedangkan yang menjadi lawan Timnas U-19 adalah Makedonia Utara U-19.

Jack Brown membela Timnas Indonesia U-19 melawan Makedonia Utara

Photo :
  • pssi.org

Dalam pertemuan pertama pada 11 Oktober 2020 di NK Junak Sinj Stadium, Timnas U-19 sukses melibas Makedonia Utara 4-1. Kedua tim kembali bertemu pada 14 Oktober di NK Uskok Klis Stadium. Kali ini, skor sama kuat 0-0.

Jalan Terjal Makedonia Utara

Jalan terjal harus dilalui Makedonia Utara demi mencatat sejarah lolos ke Piala Eropa 2020. Di babak kualifikasi, mereka tergabung di Grup G bersama Polandia, Austria, Slovenia, Israel dan Latvia.

Makedonia Utara hanya mampu finis di posisi ketiga dengan 14 poin dari 10 pertandingan. Dua tim yang lolos otomatis dari grup ini adalah Polandia dan Austria.

Beruntung, Makedonia masih memiliki peluang lolos lewat jalur UEFA Nations League. Di Nations League 2018/19, mereka mampu menjadi juara Grup 4 Liga D. 

Performa di Nations League mengantarkan Makedonia Utara ke babak playoff. Di semifinal playoff melawan Kosovo, mereka sukses menang 2-1 di Toše Proeski Arena, 8 Oktober 2020.

Dan akhirnya sejarah terjadi di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, 12 November 2020. Makedonia Utara lolos ke Piala Eropa 2020 dengan menekuk Georgia 1-0.

Ini menjadi turnamen besar sepanjang sejarah Makedonia Utara. Sebelumnya, mereka belum pernah tampil di Piala Eropa dan Piala Dunia. Di Piala Eropa nanti, Makedonia tergabung di Grup C bersama tuan rumah Belanda, Ukraina, dan Austria

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya