Perubahan Nama Ubah Peruntungan Makedonia Utara di Piala Eropa

Makedonia Utara rayakan keberhasilan lolos ke Piala Eropa 2020.
Sumber :
  • instagram.com/ffmacedonia

VIVA – Sejarah berhasil diciptakan oleh Timnas Makedonia Utara. Untuk kali pertama, negara pecahan Yugoslavia ini melaju ke Piala Eropa. Mereka menjadi salah satu tim yang tampil di Piala Eropa 2020.

Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

Bicara mengenai Makedonia Utara, mungkin banyak di antara kita yang bingung. Sebab, sebelumnya kita mengenal negara Goran Pandev tersebut sebagai Makedonia (tanpa embel-embel utara).

Usut punya usut, nama timnas Makedonia Utara memang sesuai dengan kondisi politik negara tersebut. Saat merdeka dari Yugoslavia nama yang digunakan adalah Timnas Macedonia atau Makedonia. Laga resmi Makedonia adalah laga persahabatan melawan Slovenia pada 13 Oktober 1993 yang dimenangkan dengan skor 4-1.

Ada yang Menelepon, Toni Kroos Kembali Main di Timnas Jerman

Kualifikasi Piala Eropa 1996 menjadi ajang kompetitif pertama yang diikuti Makedonia. Sayang, mereka gagal melaju ke Piala Eropa di Inggris usai finis di peringkat keempat grup dengan tujuh poin.

Baca juga: Makedonia Utara, Timnas Indonesia U-19 dan Sejarah Baru di Piala Eropa

Divonis Meninggal, Sven-Goran Eriksson Ungkap Permintaan Terakhir ke Timnas Inggris

Nasib sial terus dialami Makedonia di Kualifikasi di Piala Eropa dan Piala Dunia. Mereka gagal melangkah ke Piala Dunia 1998 hingga 2018. Makedonia juga tak mampu melaju ke Piala Eropa 1996 hingga 2016.

Perjanjian Prespa Ganti Nama Makedonia
Pada 25 Januari 2019, perjanjian Prespa ditandatangani oleh Makedonia dan Yunani, di bawah pengawasan Perserikatan Bangsa-bangsa. Dari perjanjian di Danau Prespa tersebut, nama Makedonia berganti menjadi North Macedonia atau Makedonia Utara, yang berlaku sejak 8 Februari 2019.

Kondisi ini juga berimbas pada Timnas Makedonia. Mereka pun mulai menggunakan nama Makedonia Utara terhitung sejak 12 Februari 2019. Menariknya, dengan nama baru ini, mereka langsung mencatat sejarah lolos ke Piala Eropa.

Debut Makedonia Utara di kancah internasional terjadi di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Mereka tergabung di Grup G bersama Polandia, Austria, Slovenia, Israel dan Latvia.

Photo :
  • twitter.com/EURO2020

Makedonia Utara hanya mampu finis di posisi ketiga dengan 14 poin dari 10 pertandingan. Dua tim yang lolos otomatis dari grup ini adalah Polandia dan Austria.

Beruntung, Makedonia Utara masih memiliki peluang lolos lewat jalur UEFA Nations League. Di Nations League 2018/19, mereka mampu menjadi juara Grup 4 Liga D. 

Performa di Nations League mengantarkan Makedonia Utara ke babak playoff. Di semifinal playoff melawan Kosovo, mereka sukses menang 2-1 di Toše Proeski Arena, 8 Oktober 2020.

Dan akhirnya sejarah terjadi di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, 12 November 2020. Makedonia Utara lolos ke Piala Eropa 2020 dengan menekuk Georgia 1-0.

Ini menjadi turnamen besar sepanjang sejarah Makedonia Utara. Sebelumnya, mereka belum pernah tampil di Piala Eropa dan Piala Dunia saat masih menggunakan nama Makedonia. Di Piala Eropa nanti, Makedonia Utara tergabung di Grup C bersama tuan rumah Belanda, Ukraina, dan Austria. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya